Berwisata Sejarah Nan Mistis Ke Wisma Tumapel

Bagi sebagian orang yang suka dengan film kolosal, Tumapel memang bukan nama yang asing. Ia merupakan salah satu nama tempat yang terkenal pada zaman dahulu. Nah, sekarang, nama Tumapel bisa kita temukan di Malang. Salah satunya ialah Wisma Tumapel. Sebuah bangunan tua peninggalan sejarah penjajahan Belanda. Bangunan yang satu ini dikenal menyajikan aura mistis bagi para pengunjung. Wajar saja, sebab bangunan tua ini memang sudah tak berpenghuni. Namun pemerintah menjadikannya sebagai objek Wisata dengan daya tarik tersendiri.

Wisma Tumapel Malang

Sumber: malangheritage.blogspot.co.id

Bagi masyarakat Malang, nama Wisma Tumapel bukanlah tempat yang asing. Namun bagi sebagian besar wisatawan dari seluruh penjuru Indonesia, Wisma Tumapel memang tidak seterkenal Pulau Dewata Bali. Namun demikian, Graha Tumapel menawarkan daya tarik berupa objek foto bergaya klasik yang dibumbui kesan mistis. Buat kamu yang ingin berkunjung ke sana, berikut ini beberapa ulasan seputar objek Wisata Wisma Tumapel:

Lokasi dan Akses

Lokasi Wisma Tumapel terletak di jln. Tumapel Nomor 1. Bangunan tua bersejarah tersebut tepat berada di sebelah barat daya alun-alun tugu Kota Malang atau sebelah barat Balai Kota Malang. Untuk bisa tiba di Wisma Angker Tumapel, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, angkutan kota atau angkutan online. Kalau pengunjung berhenti di Stasiun Kota Baru Malang, jaraknya sudah cukup dekat. Pengunjung bisa memanfaatkan angkutan kota jurusan AL, ADL, GA/HA, MM dan MK. Jadi tidak perlu khawatir harus berjalan kaki meski tidak menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi sekarang sudah musim angkutan online.

Sejarah

Wisma Tumapel Singosari berdiri sejak tahun 1928. Pada awal berdirinya, Wisma Tumapel merupakan Hotel Splendid milik pemerintah Belanda. Pada masa pendudukan Jepang, Wisma Tumapel berfungsi sebagai kantor pemerintahan Jepang. Pada zaman kemerdekaan, tepatnya tahun 1950, Wisma Tumapel berfungsi sebagai wisma dosen dan FKIP Universitas Airlangga Surabaya. Namun sejak 1968 hingga sekarang, Wisma Tumapel menjadi hak milik Universitas Negeri Malang dan difungsikan sebagai objek wisata. Dilihat dari sejarahnya, tak heran bila Wisma Tumapel Malang menyimpan aura mistis klasik yang bagi sebagian orang, akan membuat bulu kuduk merinding. Di samping karena merupakan bangunan tua, juga bangunan yang menyimpan nilai sejarah tentang penjajahan di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Baca juga:  Wisata Pantai Cipta Semarang - Spot Terbaik Untuk Para Pemburu Sunset

Asyik Berfoto, Jangan Sampai Lupa Aturan Ini

Wisata Wisma Tumapel merupakan salah satu tempat bersejarah yang memiliki banyak spot foto. Yang penting memori kamera tidak sedang full, kamu bebas berfoto sepuasnya. Kalau kamu ingin mengambil foto dengan gaya retro atau klasik, Graha Tumapel inilah tempat yang cocok. Banyak sekali spot foto berlatar klasik yang bisa pengunjung jadikan objek ataupun background. Tapi meski asyik berfoto jangan sampai melupakan beberapa aturan yang berlaku di sana ya. Diantaranya, dilarang berteriak, membuka pintu yang tertutup atau terkunci, serta dilarang duduk di jendela. Juga dilarang berkata kotor selama berada di sana. Sebagian orang percaya bila pengunjung berkata kotor, akan mendapat mimpi buruk saat tidur.

Untuk bisa masuk ke Wisma Tumapel Malang ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000. Catatan penting buat kamu yang ingin berkunjung, Wisata Tumapel ini buka dari pagi hingga pukul 17.00. Jadi kamu hanya bisa mengunjungi Wisma Tumapel di siang hari. Tak terbayang juga kalau kamu mengunjungi tempat yang katanya menyimpan aura mistis di malam hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.