Berendam Di Pemandian Air Panas Lejja

Anda tentu mengenal kelelawar, seekor binatang malam yang bagi sebagian orang terlihat menyeramkan, karena sering dikaitkan dengan berbagai cerita horor yang beredar di tengah masyarakat. Tetapi, kelelawar yang dalam bahasa Bugis dikenal dengan Lejja dijadikan nama salah satu Pemandian Air Panas yang ada di kota Watansoppeng, sebuah kota yang berjarak sekitar 179 km di arah utara Kota Makassar. Kota ini juga dijuluki sebagai kota kelelawar karena di setiap pohon yang ada di Kota Soppeng dihuni oleh kelelawar yang tidak sedikit jumlahnya, tetapi tidak hanya kelelawar yang menjadi ciri khas dari kota ini, melainkan sebuah Wisata Air Panas yang dapat anda manfaatkan untuk merileksasi tubuh yang telah lama beraktivitas tiada henti, Wisata Air Panas ini disebut dengan Wisata Air Panas Lejja. Anda dapat mencapai Wisata Air Panas Lejja dengan menempuh perjalanan selama 1 jam menggunakan sepeda motor dari kota Watansoppeng.

Wisata Air Panas Lejja berada di hutan lindung berbukit yang dikelilingi oleh pemandangan yang begitu indah, tepatnya di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa. Daerah ini berada sekitar 44 km dari pusat Kota Watansoppeng, tidak hanya pengunjung lokal yang selalu datang ke Wisata Air Panas Lejja ini, ternyata banyak juga wisatawan mancanegara yang sengaja meluangkan waktunya hanya untuk menikmati kesegaran air panas yang terdapat di pusat Pemandian Air Panas Watangsoppeng.

Sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, terutama kendaraan roda dua untuk mencapai Wisata Air Panas Lejja ini, karena anda akan menempuh perjalanan berkelok setelah melewati Jalan Poros kabupaten Soppeng, jalan berliku itu akan anda tempuh sejauh 10 km yang disertai dengan turunan dan tanjakan, tetapi anda tidak perlu khawatir karena jalan yang akan anda lalui tersebut telah beraspal beton, sehingga tidak perlu khawatir adrenalin anda akan diuji karena harus melewati jalan yang belum tersentuh aspal.

Kelelahan anda setelah menempuh perjalanan berliku menuju Wisata Air Panas Lejja akan segera terbayar ketika anda menceburkan diri ke kolam Pemandian Air Panas tersebut, kolam dengan air panas yang mencapai 60 derajat celcius tersebut kaya akan kandungan sulfur dan belerang yang mencapai 1,5%. Salah satu keunggulan dari Wisata Air Panas Lejja ini adalah kemampuannya untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit kulit dan penyakit tulang, seperti rematik, batang pada otot badan, gatal-gatal pada kulit, sampai dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat, tetapi yang paling utama, air panas di Wisata Air Panas Lejja ini memang sangat cocok digunakan untuk melepas penat setelah beraktivitas dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Baca juga:  Pesona Malam di Wisata Tugu Talawi Sawahlunto

Sebagai sebuah objek wisata, ternyata Wisata Air Panas Lejja telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, bahkan kolam pemandian pun telah dibagi menjadi beberapa bagian, mulai dari kolam pemandian umum, hingga kolam pemandian yang dikhususkan untuk beberapa orang saja, juga ada toilet, area untuk membasuh badan, tempat ganti pakaian, pondok-pondok yang digunakan untuk beristirahat, serta berbagai macam bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk sarana pertemuan anda bersama keluarga.

Selain itu, Wisata Air Panas Lejja dilengkapi dengan 5 kolam pemandian umum yang memiliki manfaat berbeda, kolam pertama diisi dengan air yang benar-benar panas, hingga anda harus sangat berhati-hati jika ingin memasuki kolam itu, bahkan sebuah telur pun jika dicelupkan ke kolam ini dapat menjadi setengah matang. Selanjutnya sebuah kolam Pemandian Air Panas yang tidak terlalu dalam dengan air yang hangat, sehingga anak-anak lebih memilih untuk berendam di kolam kedua ini. Ketiga yaitu sebuah kolam Pemandian Air Panas yang kedalamannya mencapai leher dengan suhu air yang tidak terlalu panas, bagi apa yang tidak bisa berenang, ada pelampung yang bisa anda sewa. Keempat adalah sebuah kolam dengan air yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin, tetapi kolam ini dikhususkan untuk orang dewasa, terakhir adalah kolam yang dilengkapi dengan papan loncatan yang berada di sebelah timur kawasan pemandian.

Jika anda ingin menginap di Wisata Air Panas Lejja, anda dapat menyewa Villa atau rumah panggung dengan tarif Rp 200.000 per malam, selain itu juga ada sarana Gazebo yang dilengkapi kolam kecil di bagian belakang yang dapat anda sewa sebesar Rp 50.000 per jam. Sedangkan untuk tiket masuknya orang dewasa harus membayar sebesarRp. 6.500 dan anak-anak Rp 3.000, biaya parkir mobil sebesar Rp  10.000 dan motor Rp 5.000. Tentu biaya yang harus anda keluarkan saat ingin memasuki Wisata Air Panas Lejja tersebut tidak terlalu mahal, apalagi jika melihat manfaat dari Pemandian Air Panas yang begitu bagus untuk kesehatan anda.

Segeralah rencanakan liburan anda bersama keluarga ke Wisata Air Panas Lejja, selain untuk melepas penat setelah lama beraktivitas, Wisata Air Panas Lejja juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang diderita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.