Berenang di antara Terumbu Karang Taman Laut Hative Besar

Teluk Ambon Baguala adalah salah satu kecamatan yang ada di Kota Ambon, provinsi Maluku, sebuah provinsi yang ada di Timur Indonesia yang termasyhur dengan keindahan wisata baharinya. Bahkan, Kota Ambon yang terkenal dengan nama Ambon Manise ini juga dijuluki sebagai Kota seribu pantai. Terdapat puluhan bahkan ratusan pantai yang dapat anda kunjungi ketika berada di Kota Ambon, sebut saja Pantai Natsepa, Pantai Pintu Kota, Pantai Liang, serta berbagai pantai lainnya yang akan membuat liburan anda menjadi begitu berkesan.

Tidak salah rasanya jika menetapkan Ambon sebagai kota seribu pantai, apalagi melihat keindahan serta kekayaan bahari dari berbagai pantai dan laut yang ada di kota ini. Hal inilah yang menyebabkan Kota Ambon memiliki banyak sekali pantai dan laut yang telah dinobatkan menjadi Tempat Wisata Taman Laut yang harus anda kunjungi ketika berada di Kota Ambon. Di antara taman laut yang ada di Kota Ambon ini adalah Taman Laut Wayame, Taman Laut Toisapu, dan Taman Laut Hative Besar. Ketiga taman laut ini tidak berada di tempat yang berjauhan, melainkan ada di satu kecamatan yang bernama Teluk Ambon Baguala.

Berada di satu kecamatan membuat taman-taman laut tersebut bisa anda kunjungi dalam waktu yang berdekatan, tanpa harus memikirkan biaya lebih karena harus melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi salah satu di antara taman laut yang ada di daerah tersebut. Namun ada satu taman laut yang begitu menarik perhatian wisatawan, taman laut ini dikenal dengan Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar, yang berada di desa Hative Besar kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon. Agar bisa sampai di desa ini anda tidak perlu melakukan perjalanan selama berjam-jam hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 20 hingga 30 menit, anda sudah bisa menikmati keindahan wisata bahari yang ditawarkan oleh objek wisata yang ada di desa Hative Besar.

Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar merupakan sebuah daerah konservasi ekosistem bawah laut yang ada di Kecamatan Teluk Ambon Baguala. Dengan dijadikannya wisata bahari yang ada di desa Hative Besar menjadi sebuah taman laut, diharapkan berbagai macam ekosistem bawah laut yang terkenal di daerah tersebut dapat dijaga kelestariannya dan dikembangbiakkan oleh pengelola dan masyarakat sekitar. Karena menetapkan sebuah wisata bahari menjadi taman laut, menyebabkan wisata bahari tersebut memiliki berbagai macam aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Di antara aturan tersebut adalah tidak boleh menangkap ikan yang berenang bebas di kawasan tersebut, selain itu anda juga harus berenang dan menyelam dengan sangat hati-hati, karena sangat dilarang bagi para pengunjung untuk merusak baik secara sengaja ataupun tidak terumbu karang yang sedang dikembangbiakkan oleh pengelola dan Dinas Pariwisata Kota Ambon ini.

Baca juga:  Anda Tertarik Mencoba Paket Wisata Pulau Tidung 2018?

Namun, walaupun memiliki aturan yang cukup ketat, anda masih diperbolehkan bahkan dianjurkan untuk berenang dan menyelam di kawasan Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar. Akan tetapi, agar anda tidak menjadi salah satu di antara wisatawan yang melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan, mintalah salah seorang pengelola taman laut atau masyarakat sekitar yang paham mengenai lokasi menyelam terbaik yang ada di Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar, untuk menemani anda mengelilingi surga bawah laut yang ada di kawasan tersebut. Dengan cara ini diharapkan kerusakan yang disebabkan oleh para wisatawan dapat dikurangi seminimal mungkin.

Di samping itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengunjungi Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar ini, yaitu mempersiapkan semua perlengkapan yang anda butuhkan, seperti peralatan menyelam, tenda jika anda ingin menginap di pesisir pantai yang ada di taman laut tersebut, serta stok makanan yang akan sangat anda butuhkan ketika selesai menyelam dan beraktivitas di sekitar Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar. Karena sebagai sebuah destinasi wisata bahari yang baru saja dibuka, menyebabkan tidak banyak fasilitas yang dapat anda manfaatkan ketika berlibur di daerah ini. Tetapi minimnya fasilitas di daerah tersebut tidak akan menyurutkan dan mengurangi keindahan dari Tempat Wisata Taman Laut Hative Besar yang akan anda kunjungi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.