Benteng Victoria, Saksi Bisu Perjuangan Kapiten Pattimura

Mempelajari sejarah bangsa adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh setiap orang yang mempunyai kewarnegaraan, tidak terkecuali Indonesia. Warga negara Indonesia harus mengetahui dengan baik sejarah yang melingkupi negaranya ini, apalagi Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan memiliki jalan cerita sejarah yang berbeda dengan negara lainnya. Perbedaan ini tampak dari beragamnya kerajaan yang berdiri beberapa abad yang lalu, serta banyaknya bangsa asing yang berusaha menguasai Nusantara, karena kekayaan alam Indonesia yang sulit ditemukan tandingannya. Keberadaan bangsa asing di Tanah Air Indonesia ini terbukti dengan banyaknya peninggalan mereka yang bisa ditemukan di berbagai daerah di seluruh kawasan Indonesia. Di antara kota yang menyimpan banyak bukti sejarah keberadaan bangsa asing tersebut adalah Kota Ambon yang memang terkenal kaya akan hasil bumi berupa rempah-rempah berkualitas tinggi yang telah menjadi incaran bangsa asing sejak dahulu kala.

Salah satu bangsa asing yang pernah berdiam lama dan menikmati kekayaan bumi Indonesia adalah bangsa Portugis. Mereka datang ke Indonesia, khususnya Kota Ambon karena tergiur dengan kualitas rempah-rempah Ambon yang terkenal ke berbagai negara. Ketika berada di Kota Ambon, bangsa Portugis sempat membangun beberapa benteng yang masih bisa kita lihat hingga saat ini. Benteng tersebut bernama Benteng Victoria. Tempat Wisata Benteng Victoria berada di Kecematan Sirimau, pusat Kota Ambon. Tempat Wisata Benteng Victoria disebut-sebut sebagai benteng tertua yang ada di Kota Ambon, karena berdasarkan catatan sejarah yang ada, dikatakan bahwa Tempat Wisata Benteng Victoria dibangun pada tahun 1575, yang pada beberapa tahun berikutnya diambil oleh Belanda, saat mereka berhasil mengusi Portugis dari Kota Ambon Manise.

Jika dibaca lebih jauh, pada awal pembangunannya, Tempat Wisata Benteng Victoria bernama Benteng Kota Laha dan ada juga yang menyebutkan bahwa Portugis menamai benteng tersebut dengan Nossa Senhora Annucida, namun berganti nama menjadi Benteng Victoria saat kolonial Belanda menguasai Tanah Ambon, tahun 1605. Selanjutnya pada tahun 1754, Tempat Wisata Benteng Victoria mengalami kerusakan parah akibat terkena dampak gempa besar yang melanda kawasan Ambon dan sekitanya. Akibat banyaknya kerusakan yang dialami oleh Benteng Victoria, memaksa pihak kolonial Belanda melakukan pemugaran besar-besaran dan mengubah namanya menjadi Benteng Nieuw Victoria yang bermakna sebuah kemenangan baru. Tempat Wisata Benteng Vicotria yang dibangun oleh Bangsa Portugis ini dimanfaatkan oleh Kolonial Belanda sebagai pusat pemerintahan, pertahanan, serta untuk membentuk kekuatan tentara yang bertugas menjaga daerah kekuasaan Belanda dari serangan rakyat Ambon dan Maluku yang tak pernah berhenti. Menurut salah satu sumber disebutkan bahwa Benteng Vicotria adalah tempat yang menjadi saksi saat Kapiten Pattimura dijatuhi hukuman mati oleh pemerintahan Belanda pada tanggal 6 Desember 1817.

Baca juga:  Menikmati Wisata Malam Di Bundaran 1001 Ai Kota Singkawang

Bangunan Benteng Victoria ini memiliki arsitektur khas kolonial Belanda setelah mengalami pemugaran pada tahun 1754. Jika anda menyusuru Tempat Wisata Benteng Victoria, anda akan mendapati banyak kamar yang memiliki fungsi berbeda. Ada akamar yang digunakan sebagai ruanngan untuk mengatur strategi perang, ada juga kamar yang dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai kebutuhan pangan semua tentara dan pemerintah yang berkuasa di daerah Ambon, dan kamar-kamar lain yang memiliki fungsinya masing-masing. Benteng Victoria dapat dikatakan sebagai sebuah benteng yang terletak di lokasi yang begitu strategis, karena di bagian depan Benteng Victoria terdapat pelabuhan yang dahulu digunakan sebagai jalur penghubungan kapal yang berlayar antar pulau. Selain itu, pelabuhan ini juga dimanfaatkan oleh bangsa Portugis dan Belanda sebagai pelabuhan utama yang akan menjadi tempat berlabuhn dan berlayarnya kapal-kapal pengangkut rempah-rempah yang berasal dari Provinsi Maluku.

Banyak cerita sejarah yang bisa anda pelajari saat mengunjungi Tempat Wisata Benteng Victoria, apalagi jika anda ingin mengetahui bagaiman perjuangan rakyat Ambon saat mencoba merebut kekuasaan dari tangan tentara Belanda yang mencoba menguras habis kekayaan alam Ambon, berupa hasil rempah-rempah dan menjualnya ke dunia luar. Mengajak anak anda untuk mengunjungi Tempat Wisata Benteng Victoria saat liburan akhir tahun adalah sebuah pilihan yang tepat, karena anak-anak anda harus tahu, bahwa mereka berada di daerah yang menyimpan banyak sekali sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang tidak bisa dibayangkan pada saat sekarang ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.