Belajar Sejarah Sambil Liburan di Museum Siwalima

Memperkaya diri dengan pengetahuan mengenai sejarah dimana kita berada bukanlah hal yang keliru, malah hal tersebut wajib dilakukan untuk setiap warga negara dimanapun ia berada, termasuk rakyat Indonesia sendiri. Anda sebagai rakyat Indonesia harus tahu mengenai sejarah negara anda, terutama sejarah kota tempat tinggal anda. Banyak sekali buku sejarah yang berbicara mengenai hal tersebut, terutama untuk kota-kota yang termasuk sebagai kota yang dihuni oleh puluhan pejuang, salah satu kota yang banyak melahirkan pejuang bangsa adalah kota Ambon, sebuah ibukota provinsi Maluku di Timur Indonesia. Cobalah untuk menghabiskan liburan akhir tahun anda di kota ini dan mengunjungi museum yang akan mengisahkan mengenai sejarah kota tersebut. Sejarah yang akan anda temukan di museum ini akan mengisahkan mengenai perjuangan rakyat Maluku ketika dijajah oleh bangsa Portugis, Belanda, serta bagaimana adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut.

Museum ini juga mempunyai keunikan lain yaitu adanya panorama alam yang indah ketika anda mengunjunginys, inilah dia Museum Siwalima yang berada tepat di Kota Ambon.

Museum Siwalima adalah salah satu museum yang didirikan pasca kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tanggal 8 November 1973 dan berhasil rampung serta diresmikan pada tanggal 26 Maret 1977. Penamaan museum ini dengan Museum Siwalima tidak lepas dari sejarah yang melingkupi provinsi Maluku, Siwalima bermakna sembilan kerajaan yang berasal dari wilayah Selatan Maluku, serta lima kerajaan ada di bagian Utara Maluku. Ketika memasuki area Tempat Wisata Museum Siwalima, anda akan disambut dengan sebuah kata yang berasal dari Maluku yaitu Usu Mae Upu, kalimat ini merupakan kalimat yang digunakan untuk mempersilahkan setiap tamu memasuki ruangan.

Saat awal berdirinya, Museum Siwalima difokuskan sebagai museum yang menyimpan berbagai macam benda yang menceritakan tentang adat-istiadat rakyat Maluku, tetapi lama kelamaan museum ini terus mengalami perkembangan hingga akhirnya menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi benda-benda yang berkaitan dengan kelautan, seperti sejarah masyarakat Ambon ketika menjadi pelaut, tidak hanya itu, di Tempat Wisata Museum Siwalima bagian pertama ini juga terdapat fosil-fosil binatang laut, setidaknya ada tiga fosil dari 3 ikan paus yang berukuran sangat besar, bahkan diantara ketiga ikan paus tersebut ada salah satu fosil yang berukuran mencapai 23 meter.

Baca juga:  Pemandian Air Panas Ciwalini Ciwidey

Sedangkan bagian kedua dari Tempat Wisata Museum Siwalima ini adalah museum yang disebut sebagai musim budaya siwalima. Di sinilah akan anda temui berbagai macam benda yang berbau sejarah dan budaya Maluku, seperti bangunan asli Maluku, peralatan pertanian, pakaian adat, uang lama yang digunakan untuk bertransaksi oleh masyarakat Maluku, senjata khas dari Maluku, serta berbagai macam perlengkapan upacara dan adat istiadat yang selalu digunakan ketika dilangsungkannya sebuah acara di provinsi Maluku.

Untuk mencapai Tempat Wisata Museum Siwalima yang menakjubkan ini anda dapat mengarahkan kendaraan anda Ke kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Banyak sekali pengunjung yang menyempatkan untuk datang ke Lokasi Wisata Museum Siwalima ini, selain untuk mempelajari sejarah yang tersimpan melalui benda-benda yang ada di Museum Siwalima, letak museum yang sangat strategis juga menarik minat para wisatawan. Tempat Wisata Museum Siwalima ini ternyata terletak di atas sebuah bukit yang menghadap ke teluk Ambon, dengan berjarak hanya 5 km dari pusat Kota Ambon, ketika berada di atas sini anda bisa melihat panorama teluk dan keindahan Kota Ambon dari ketinggian. Cobalah untuk mengunjungi kawasan ini pada pagi hari saat matahari baru merangkak naik, karena terpaan sinar matahari pada birunya air laut akan menambah ketakjuban anda pada alam Ambon.

Banyak wisatawan yang datang untuk mengabadikan keindahan alam Ambon baik panorama perairan, berupa lautan yang berada tidak jauh dari lokasi tersebut maupun keindahan kota Ambon yang bisa disaksikan dari Tempat Wisata Museum Siwalima ini. Tentu akan sangat sayang sekali dilewatkan terutama bagi anda warga masyarakat Ambon khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selamat menikmati liburan anda di Destinasi Wisata Sejarah Ambon yang juga dilengkapi dengan panorama alam yang begitu memanjakan, Tempat Wisata Museum Siwalima.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.