Air Terjun Sisundung Parsalakan – The Tapanuli’s Hidden Paradise

Lokasi                                    : Sisundung, Angkola Barat, Tapanuli Selatan.

Jam Buka                             : 24 jam

Harga Tiket Masuk           : –

Bila kita berbicara tentang destinasi atau tujuan tempat wisata, yang akan terpikir oleh kita adalah tempat-tempat di daerah-daerah wisata seperti Malang, Bogor, atau Bali. Namun ternyata ada banyak tempat wisata yang belum kita kenal, bahkan hampir tidak tersentuh tangan manusia sama-sekali. Adalah tapanuli selatan yang menjadi daerah review kita kali ini. Tapanuli selatan lagi-lagi menampakkan sisi eksotisnya dalam bidang wisata. Tahun 2018 ini sudah ada beberapa destinasi Wisata di Tapanuli selatan yang menjadi hits, atau sering dibicarakan khalayak ramai. Salah satunya adalah Wisata Tapanuli Selatan: Air Terjun Sisundung Parsalakan.

Lokasi Air Terjun Sisundung Parsalakan ini, sebagaimana namanya, berada di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan. Letak air terjun ini adalah sektar 2 km dari jalan lintas Sidimpuan Sibolga. Lokasi ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua, namun hanya sampai tempat parkir yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi air terjun. Selanjutnya dari area parkir tadi kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak dari persawahan dan kebun salak milik warga.

Air Terjun Sisundung Parsalakan atau biasa dikenal sebagai Air Terjun Ganda adalah salah satu tujuan Wisata di Tapanuli. Seperti namanya, Air Terjun Sisundung Parsalakan ini memang memiliki dua air terjun yang mengalir berdampingan dan terletak di daerah yang bernama Desa Sisundung. Kedua air terjun tersebut mengalirkan air yang bersih nan jernih dari bebatuan yang cukup tinggi dan besar, yang jatuh pada satu kolam kecil yang sama. Namun sayangnya, keindahan air terjun ganda ini belum dikelola dengan baik dan secara resmi oleh pemerintah setempat. Sehingga belum ada fasiitas standar yang mestinya ada, seperti toilet, kamar ganti, tempat istirahat, dan lain-lain. dan juga belum termasuk daftar tujuan Wisata di Tapanuli Selatan.

Baca juga:  Museum Balla Lompoa, Replika Dari Istana Kerajaan Gowa

Tetapi justru karena belum dikelola secara resmi, keindahan alam Air Terjun Sisundung Parsalakan ini terlihat sangat alami. Karena memang masih belum ada campur tangan manusia. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam senatural mungkin, disinilah tempat yang mungkin cocok bagi anda. Karena akses lokasi yang cukup merepotkan untuk dilalui, membuat air terjun ini jarang mendapat pengunjung. Dan inilah alasan kenapa air terju ini masih terlihat sangat natural sampai saat ini.

Keindahan panorama yang ditawarkan Air Terjun Sisundung Parsalakan atau Air Terjun Ganda ini begitu alami dan mempesona. Dengan udara khas pegunungan yang sejuk dapat menghilangkan beban stres dari kegiatan kantor anda. Air terjun dan kolamnya pun bersih dan jernih, cocok sekali untuk mandi dan berenang di kolam yang sejuk ini. Tentunya dapat menghilangkan penatnya perkotaan, serta jauh dari hingar bingar transpotasi dan akan digantikan dengan suara air yang mengalir deras juga segar.

Berhubung Air Terjun Ganda Sisundung ini belum dikelola dengan resmi oleh pemerintah setempat, maka tidak ditemukan info untuk biaya tiket masuknya. Namun bagi anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Ganda ini, kami sarankan tetap sediakan uang secukupnya. Karena mungkin anda akan diminta biaya parkir kendaraan anda, atau mungkin sekedar biaya kontribusi ringan dari warga setempat. Mungkin anda berpikir ini pungli atau pungutan liar, namun apa salahnya kita menyumbang kepada warga setempat? Toh kita juga menikmati keindahan alam dari daerah mereka.

Tetap jaga selalu kekayaan alam sekitar kita agar senantiasa lestari. Sebab kalau bukan kita yang merawatnya, siapa lagi?! Sekarang mulailah menambahkan Wisata Air Terjun Sisundung Parasalakan ke dalam list anda. Jangan lupa ajak sahabat-sahabat anda untuk menambah keseruan saat di lokasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.