Air Terjun Silima Lima. Surga Tapanuli yang Tersembunyi

Lokasi                                    : Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli selatan.

Jam Buka                             : 24 jam

Harga Tiket Masuk           : Rp 2.500/orang

Tapanuli Selatan memiliki keindahan alam nan eksotis yang sebagian belum banyak terjamah para pelancong. Tidak heran jika sulit mencari tempat Wisata di Tapanuli, karena memang beberapa spot wisatanya kurang terekspos. Namun jangan dulu meremehkan keindahannya yang tak kalah menarik dari destinasi wisata terkenal di beberapa daerah lainnya. Adalah Wisata Air Terjun Silima Lima yang terletak di tengah-tengah hutan belantara dan berada di antara apitan dua gunung yakni Gunung Sibuali-buali dan Gunung Lubuk Raya. Tidak berlebihan jika kita menyebutnya air terjun yang tersembunyi. Sudah saatnya kita Mengintip Air Terjun Silima Lima yang Tersembunyi.

Berlokasi di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli selatan. Waktu tempuh sekitar satu jam dari kota Padangsidempuan sampai lokasi air terjun tersebut. Anda perlu melewati beberapa persawahan dan perkebunan seperti kebun salak atau kebun karet milik warga setempat. Anda juga akan melewati sungai dan beberapa tanjakan dan turunan yang akan cukup menguras energi anda. Kemudian membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Air Terjun Silima Lima dari pos petama saat kedatangan.

Diberi nama Air Terjun Silima Lima (Sempuran Silima Lima) karena memang jumlah air terjun di wilayah ini adalah lima buah. Lima air terjun tersebut antara satu dan lainnya terpisah dengan jarak yang cukup berjauhan. Dan untuk berpindah antara satu air terjun ke air terjun lainnya anda perlu berjalan kaki. Kondisi jalan yang perlu dilewati pun terbilang sulit atau bahkan ekstrim.

Karena letaknya yang berada di pedalaman hutan, air terjun yang indah ini tidak begitu dipedulikan oleh pemerintah setempat. Sehingga fasilitas yang disediakan masih seadanya dan dikelola oleh warga sekitar. Namun telepas dari semua itu, kenyataannya adalah Air Terjun Silima Lima hampir tidak ada sentuhan manusia sama sekali. Sehigga keindahan alamnya tetap terjaga senatural mungkin. Walaupun sudah direncanakan pengelolaan Air Terjun Silima Lima ini oleh pemerintah setempat untuk dijadikan salah satu tempat Wisata di Tapanuli. Dan warga setempat juga mengharapkan pengelolaan secara resmi dari pemerintah. Mengingat air terjun ini  berada di wilayah tempat asal dari Bupati Tapanuli Selatan sendiri (Desa Tanjung Dolok) dan juga termasuk salah satu keindahan alam yang tersembunyi dan belum terdaftar dalam destinasi Wisata di Tapanuli.

Baca juga:  7 Tempat Hunting Hits di Kediri

Untuk bisa Mengintip Air Terjun Silima Lima yang Tersembunyi ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 2.500/orang. Namanya juga dikelola sendiri oleh warga setempat, jadi hanya biaya kecil yang perlu dikeluarkan, dan dengan fasilitas seadanya. Namun harga ini akan terasa sangat murah bila dibandingkan pengalaman yang anda dapat, dengan keindahan alam yang masih ‘perawan’ hampir tidak tersentuh tangan manusia.

Air Terjun Silima Lima ini tingginya kurang lebih 70 meter. Di bagian dasarnya terdapat beatuan yang besar-besar yang membuat pemandian disekitarnya menjadi dangkal. Pemandian ini cocok bagi orang-orang yang tidak bisa berenang, tapi turut ingi menikmati suguhan alam Air Terjun Silima Lima, yang menjadi salah satu destinasi Wisata di Tapanuli.

Perlu diperhatikan bahwa salah satu gunung yang mengapit Air Terjun Silima Lima ini masih aktif, yakni Gunung Sibuali Buali. Gunung ini memiliki geyser dan sumber air panas alami yang ditampung di pemandian umum. Ada dua kolam pemandian umum yang menampung sumber air panas ini, yakni di daerah sipirok, bukit Simago-mago.

Demikian ulasan singkat mengenai salah satu kekayaan alam di Tapanuli yang patut anda coba untuk eksplor lebih jauh lagi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.