7 Tips Travelling Ke Luar Negeri

Berlibur ke luar negeri tentu menjadi impian bagi sebagian besar orang. Selain bergengsi, dengan liburan ke luar negeri kita akan menemukan hal-hal baru, bertemu orang baru, dan belajar banyak hal baru. Terlebih jika jalan-jalan ke luar negeri tersebut merupakan pengalaman yang pertama. Zaman sekarang, travelling ke luar negeri adalah suatu hal yang mudah dan bukan mustahil bisa dilakukan oleh semua kalangan. Apalagi kemudahan akses untuk mendapatkan informasi terkait perjalanan ke luar negeri tentu sangat menunjang dan menjadi motivasi bagi kita untuk merasakan tantangan jalan-jalan ke luar negeri. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri mengingat kita akan berkunjung ke negara orang tentu saja ada aturan-aturan tertentu yang harus diikuti termasuk kelengkapan dokumen.

Jika ingin perjalananmu ke luar negeri menjadi lebih berkesan dan well prepared, tentu harus menyiapkannya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kita sudah jauh-jauh berkunjung ke negara orang tapi di sana kita bingung dan tidak tahu harus kemana dan bagaimana. Berikut ini tips travelling ke luar negeri yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk mempersiapkan perjalananmu.

  1. Persiapkan kelengkapan dokumen

Sebelum melakukan perjalanan atau bahkan menentukan destinasi wisata kita, alangkah baiknya segala kelengkapan dokumen kita persiapkan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari masalah ketika berada di luar negeri termasuk menghadapi bagian imigrasi. Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan di antaranya adalah KTP untuk jaga-jaga dan yang terpenting adalah jangan lupa membawa paspor dan visa. Paspor ini bisa didapatkan di kantor imigrasi terdekat di kotamu begitu pula visa untuk ke beberapa negara karena tidak semua negara menyaratkan adanya visa. Paspor dan visa ini setidaknya harus disiapkan 3 bulan sebelum berangkat. Dokumen ini juga bisa digunakan untuk check-in pesawat sekaligus untuk booking tiket pesawat. Jika ingin lebih mudah apalagi merupakan pengalaman pertama, lebih baik pilih negara yang bebas visa seperti negara-negara di ASEAN.

 

  1. Berburu tiket promo pesawat dan hotel jauh-jauh hari

Jika kalian terkendala biaya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, jangan khawatir karena banyak maskapai yang menawarkan harga murah dan bahkan bisa gratis jika sedang promo. Beberapa maskapai yang sering menawarkan harga murah seperti Air Asia, Lion Air, dan Norwegian Air. Tips lainnya adalah pilh penerbangan malam agar mendapatkan harga miring.

 

Begitu pula halnya dengan penginapan yang sangat kita butuhkan ketika berada di luar negeri demi keamanan dan kenyamanan. Banyak hotel yang menyediakan diskon di waktu tertentu, kita harus jeli melihat peluang tersebut dan sesegera mungkin memesannya. Carilah hotel yang jaraknya cukup dekat dengan obyek wisata yang akan dikunjungi dan cari yang bertipe backpacker agar lebih murah.

Baca juga:  Puasa Jalan Traveling Lanjut Terus Dengan 5 Tips Berikut

 

  1. Siapkan uang cash negara tujuan

Sebelum berangkat jangan lupa cari informasi terlebih dahulu tentang mata uang negara yang akan kita tuju dan tukarkan uang kita di money changer. Hal ini untuk mengantisipasi jika di negara tujuan tidak banyak ditemukan mesin ATM atau letaknya cukup jauh. Dengan menyiapkan uang cash kita akan lebih tenang dan bisa dengan mudah menggunakan uang tersebut di negara yang dituju.

 

  1. Transportasi publik

Pada umumnya, transportasi publik terutama di negara-negara maju sudah cukup memadai. Sangat disarankan untuk menggunakan alat transportasi publik dibanding yang disediakan hotel atau taksi agar lebih murah dan bisa memangkas budget anggaran. Selain itu kita juga mendapat pengalaman baru dan bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait rute transportasi, harga, metode pembayaran, dan juga jadwal agar memudahkan kita ketika berada di sana.

 

  1. Bekal makanan dan belanja hemat

Harga-harga makanan di luar negeri cenderung mahal dan belum tentu sesuai dengan lidah kita. Bagaimanapun juga kita tetap butuh makan sehingga agar lebih berhemat bisa mencoba untuk membawa bahan makanan dari Indonesia kemudian memasaknya di penginapan. Tentu hal ini dapat mengurangi dana anggaran untuk jajan. Carilah tempat makan kecil atau fastfood yang biasanya lebih murah dibanding kafe atau restoran. Jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat belanja oleh-oleh yang paling dekat dengan hotel atau tempat wisata.

 

  1. Buat Ittinerary

Ittinerary ini sangat penting untuk dijadikan acuan ketika ingin pergi ke suatu tempat wisata di suatu negara. Setidaknya kita tidak buang-buang waktu dan kebingungan harus kemana setelah ini. Selain itu, dengan membuat ittinerary kita akan mempunyai bayangan tentang perjalanan yang akan dilakukan sehingga kita bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengeksplor lebih banyak ketika berada di negara tersebut.

 

  1. Persiapkan Bahasa Inggrismu

Satu hal lagi yang teramat sangat penting adalah kemampuan komunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional sehingga sangat kita butuhkan agar bisa berkomunikasi ketika berada di negara orang lain. Setidaknya akan sangat membantu ketika kita bingung rute jalan dan destinasi atau ketika kita hendak membeli sesuatu. Jika masih belum fasih, jangan lupa bawa buku percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris atau kamus kecil Indonesia-Inggris.

Semoga tips travelling ke luar negeri ini bermanfaat buat kalian dan perjalananmu lebih mudah serta menyenangkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.