7 Tempat Wisata Yang Layak Didatangi Di Jayapura Papua

Jayapura merupakan ibukota Provinsi Papua. Selain Wisata Pantai Di Jayapura, terdapat sejuta pesona alam yang menakjubkan, seperti: danau, telur, bukit dan lain sebagainya. Berikut kami paparkan sekilas tentang 7 Tempat Wisata Jayapura Papua yang layak untuk dikunjungi. Layak karena akses jalan yang mudah, layak karena pemandangan alamnya yang menakjubkan, serta layak di kantong alias murah meriah.

1. Puncak Jayapura City

Puncak Jayapura City merupakan sebuah bukit dengan plang papan nama besar bertuliskan “Jayapura City”. Sebenarnya bukit ini bukanlah tempat wisata, namun karena memiliki pemandangan yang menakjubkan, para wisatawan merasa wajib untuk berkunjung. Butuh waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Jayapura untuk sampai ke bukit tersebut. Dari puncak Jayapura city, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan alam yang indah, yakni pemandangan Kota Jayapura berpadu dengan hamparan laut biru yang memukau.

2. Danau Love

Penduduk setempat menyebutnya dengan nama danau Imfote. Terletak di kecamatan Ebungfau, kabupaten Jayapura. Danau Love atau danau Imfote tersebut berbentuk hati dan akan tampak jelas jika dilihat dari bukit-bukit yang ada di sekelilingnya. Bukit hijau yang mengelilingi danau Love semakin menambah keindahan sehingga sering dibuat background foto prewedd oleh wisatawan. Dari bandara Sentani diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke danau tersebut.

3. Teluk Youtefa

Teluk ini terhampar di wilayah garis pantai Kota Jayapura. Butuh waktu sekitar 25 menit dari pusat Kota Jayapura untuk sampai ke teluk indah ini. Teluk Youtefa menawarkan pemandangan alam yang memukau, yakni hamparan hijau hutan mangrove dan hutan sagu berpadu dengan birunya air laut Teluk Youtefa, dengan dua pulau cantik yang berada di tengahnya, yakni: Pulau Tobati dan Engros. Teluk Youtefa juga memiliki lapangan timbul tenggelam, dimana jika air sedang surut perahu akan nampak, begitu juga sebaliknya perahu akan tenggelam jika air sedang pasang.

4. Pantai Dok 2

Berjarak kurang lebih 3 km dari Pelabuhan Jayapura, tepatnya persis di depan Kantor Gubernur Provinsi papua. Pantai Dok 2 ramai dikunjungi karena lokasinya yang strategis di tepi jalan. Pantai ini memiliki deretan kursi panjang di sepanjang pantai, sangat pas bagi wisatawan untuk bersantai sambil menikmati keindahan sunset atau sunrise yang memukau. Karena ombaknya yang kecil Pantai Dok 2 aman sebagai tempat bermain bagi anak-anak. Pada malam hari, Pantai Dok 2 akan lebih memukau dengan pemandangan lampu kerlap kerlip kota.

Baca juga:  Tempat Wisata Di Malang Gratis Yang Wajib Dikunjungi

5. Pantai Pasir 2

Terletak di distrik Jayapura Utara, Pantai pasir 2 dapat ditempuh sekitar 20 menit dengan berkendara dari pusat Kota Jayapura. Pantai Pasir 2 lumayan bersih dan sejuk dengan pepohonan yang rindang, seperti: pohon kelapa, bakau, cemara pantai hingga pohon ketapang. Deburan ombak yang memukau dan hamparan pasir putih yang halus semakin menambah eksotisme Pantai Pasir 2. Berenang atau snorkeling menjadi kegiatan favorit wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Pasir 2.

6. Desa Skow

Merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, Desa Skow dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Jayapura. Desa Skow merupakan Desa Wisata Di Papua. Terdapat sebuah pagar yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, pagar ini cukup sederhana sehingga wisatawan dapat melihat langsung negara tetangga tersebut. Di Desa Skow banyak ditemukan makanan dan minuman produksi negara tetangga, yakni made in Papua New Guinea, seperti minuman bersoda atau bir. Wisatawan dapat mengunjungi daerah tetangga yaitu Papua Nugini tanpa paspor, cukup dengan menyerahkan identitas di pos penjagaan TNI.

7. Pasar Souvenir Hamadi

Sebuah pasar yang menjual berbagai macam aksesoris yang berasal dari Papua, seperti: koteka, tifa, ukiran asmat, batik papua dan lain sebagainya. Pasar ini terletak di Jalan Perikanan, Jayapura. Butuh waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Jayapura. Untuk makanan dan minuman, wisatawan banyak yang membeli buah merah dan kopi Papua sebagai buah tangan. Souvenir-souvenir disini dipesan langsung dari Wamena dan Sentani, serta ada juga yang dari Kota Jayapura. Dengan harga yang relatif murah, berkisar dari 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah per item.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.