7 Tempat Wisata Terbaik Di Norwegia Yang Cantik

Norwegia adalah salah satu negara di Benua Eropa yang merupakan bagian dari Semenanjung Skandinavia setelah Denmark, Swedia, dan Finlandia. Terdapat tempat-tempat wisata terbaik di Norwegia dengan pemandangan fyord-fyord yang cantik dan juga wisata kotanya. Secara geografis Norwegia berbatasan dengan Swedia di bagian timur, Finlandia dan Rusia di bagian utara, Selat Skagerrak di bagian selatan, dan Samudra Atlantik Utara serta Laut Barents di bagian baratt. Negara ini juga memiliki beberapa pulau seperti Pulau Jan Mayen dan Kepulauan Svalbard. Negara ini memiliki destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi dan berikut ini terangkum tempat-tempat wisata menarik di Norwegia.

  1. Geirangerfjord

Geirangerfjord - Tempat Wisata Terbaik Di Norwegia

Geirangerfjord | Sumber: hurtigruten.co.uk

Geriangerfjord memiliki sebuah fyord cantik sepanjang 15 km dan merupakan cabang dari Sunnylvsfjorden dan Storfjorden (Great Fjord). Kita bisa menemukan sebuah desa kecil di ujung Gerangerfjord sebelum memasuk kawasan wisata ini. Geirangerfjord memiliki satu-satunya sungai yang mengalir di sepanjang fyord ini. Tempat wisata ini sudah diakui dunia internasional dan sudah resmi terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site. Selain itu, kita juga disuguhkan pemandangan beberapa air terjun seperti Seve Sisters Falls dan Suitor (The Friar). Kita bisa menyewa jasa ferry Fjord Nordvestlandske untuk berlayar menyusuri Geranger hingga Helleyslt.

  1. Lofoten

Lofoten - Tempat Wisata Terbaik Di Norwegia

Lofoten | Sumber: thousandwonders.net

Lofoten merupakan sebuah kepulauan cantik yang terletak di wilayah utara Negara Norwegia dan termasuk dalam wilayah Nordland serta terletak di dalam Lingkaran Arktik. Kita akan disuguhkan panorama alam berupa deretan gunung, laut, pantai, dan daratan yang masih alami. Sebagian area di wilayah ini memiliki iklim yang lebih hangat meskipun berada di daerah kutub. Pulau-pulau yang berada di Lofoten seperti Austvagoy, Vestvagoy, Flakstadoy, Moskenasoy, Vaeroy, dan Rost terhubung oleh jalur jalan E10 dan beberapa jembatan serta terowongan bawah laut.

  1. Tromso

Tromso - Tempat Wisata Terbaik Di Norwegia

Tromso | Sumber: allaboutravelling.com

Jika kita ingin melihat fenomena alam berupa pancaran cahaya berwarna-warni atau disebut juga aurora, Tromso adalah tempatnya. Tromso berada di dalam lingkaran Arktik dan merupakan salah satu wilayah yang berada di bagian utara Norwegia. Pulau ini dihubungkan oleh Tromso Bridge dan Tromsoysund Tunnel melalui daratan utama yang disebut Tromsdales. Selain panorama aurora yang bisa dilihat ketika bulan September hingga Maret, kita juga bisa melihat panorama midnight sun yang akan terjadi sekitar tanggal 21 Mei hingga 21 Juli setiap tahun.

Baca juga:  7 Tempat Wisata Terbaik Di Inggris
  1. Flam

Flam merupakan sebuah desa kecil nan cantik yang terletak di wilayah barat Norwegia tepatnya di lembah Flamsdalen serta di ujung Aurlandsfjorden. Kita bisa melihat pemandangan berupa fyord yang merupakan cabang dari Sognefjorden yang menjadi fyord terbesar dan terdalam di Norwegia. Dekat dengan Flam terdapat pula sebuah desa Myrdal yang jaraknya kurang lebih hanya sekitar 20 km serta dilalui oleh jalur kereta dengan pemandangan yang menakjubkan berupa Flam Line (Flamsbana). Kita bisa mencapai desa ini dengan menggunakan jasa fyord cruise dari Bergen, melalui Sognefjord kemudian sampai di Flam.

  1. Oslo

Oslo merupakan ibukota dari Negara Norwegia yang secara geografis terletak di tepi Oslofjord wilayah selatan Norwegia. Terdapat 3 area bagian fyord yaitu area utara, timur, dan selatan. Beberapa tempat wisata di sini antara lain Vigeland Sculpture Park, Frogner Park, Viking Ship Museum, Akershus Fortress, dan Norsk Folkemuseum. Kita bisa menyaksikan bangunan khas Norwegia dan kelap-kelip lampu kota ketika malam hari.

  1. Bergen

Bergen merupakan sebuah kota cantik yang terletak di sepanjang fyord yang berada di wilayah Hordaland. Kota ini terletak di Semenanjung Bergenshalvoyen wilayah pantai barat Norwegia. Kita bisa menyaksikan pemandangan berupa pegunungan karena kota ini dikelilingi 9 pegunungan yang dikenal dengan nama Seven Mountains (De syv fjell). Untuk menuju tempat ini kita bisa menggunakan kereta, ferry, maupun pesawat melalui Bergen Airport (BGO). Kota ini cukup padat penduduk dan kita pun bisa menyaksikan bangunan-bangunan khas Norwegia di kota ini sambil berjalan-jalan mengelilingi kota.

  1. Stavanger

Tempat ini merupakan kota terbesar keempat di Negara Norwegia dan terletak di Semenanjung Stavanger yang berada di wilayah pantai selatan Norwegia. Kita bisa menyaksikan rumah-rumah kayu tradisional khas Norwegia yang sudah ada sejak abad ke-18 dan ke-19. Kita bisa menuju tempat ini dengan menggunakan bis maupun kereta dari Kota Oslo.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.