7 Tempat Wisata Terbaik Di Islandia Yang Menarik

Negara Islandia dikenal sebagai negara ‘Frozen’ karena banyak wilayahnya yang berupa es atau salju. Selain itu, negara ini juga memiliki julukan negara terdamai di dunia dan secara resmi diakui oleh The Global Peace Index. Dengan julukan ini menjadikan negara ini ramai wisatawan dengan tujuan untuk berlibur. Secara geografis, Negara Islandia terletak di persimpangan Atlantik Utara dan Samudra Arktik. Fakta lain mengenai negara ini adalah negara ini memiliki populasi penduduk paling sedikit di Benua Eropa. Selain itu, negara ini memiliki tempat-tempat wisata terbaik di Islandia yang menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ini tempat wisata terbaik di Islandia yang terangkum untuk dijadikan referensi ketika berlibur ke negara ini.

  1. Iceland – Blue Lagoon

Iceland Blue Lagoon - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Iceland Blue Lagoon | Sumber: myholidaysnow.co.uk

Meskipun letaknya dekat dengan kutub utara, Islandia juga memiliki tempat pemandian air panas yang bernama Blue Lagoon dan tempat ini merupakan salah satu destinasi utama wisata di Islandia. Kita bisa menikmati air hangat dengan berendam di sebuah kolam air panas alami sambil memandangi alam terbuka. Selain dapat membantu menghilangkan rasa capek dan penat, pemandian air panas juga bagus untuk kesehatan kulit. Lokasi Blue Lagoon yang merupakan salah satu geothermal spa adalah di Grindavik, bagian barat daya Islandia, dengan jarak 20 km dari Bandara Internasional Keflavik. Blue Lagoon bukanlah fenomena alami, akan tetapi kolam buatan yang dikelilingi oleh batu-batu lava yang indah dan airnya bersumber dari pembangkit listrik geotermal Svartsengi. Suhu air di Blue Lagoon ini sekitar 37 – 39 derajat celcius dengan kehangatan yang pas untuk berendam.

  1. Air Terjun Dettifos dan Seljalandsfoss

Air Terjun Dettifos - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Air Terjun Dettifos | Sumber: iceland.nordicvisitor.com

Air Terjun Seljalandsfoss - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Air Terjun Seljalandsfoss | Sumber: hipwee.com

Jika ingin menikmati pemandangan alam berupa air terjun, maka Dettifos dan Seljalandsfoss adalah tempat yang tepat. Kedua air terjun ini menjadi wisata alam populer dan paling terkenal di Islandia. Lokasi air terjun Dettifoss berada di Taman Nasional Vatnajokull dan memiliki lebar 100 meter serta tinggi 45 meter. Air terjun Seljalandsfoss memiliki ketinggian sekitar 60 meter di atas tebing garis pantai Islandia. Kita dapat berjalan di belakang pancuran air terjun Seljalandsfoss sambil menikmati semburan air dan pemandangan yang menakjubkan. Sedangkan keunikan air terjun Dettifoss berupa suara derasnya air terjun dari kejauhan. Jika beruntung kita bisa melihat pelangi di kedua air terjun ini.

  1. Gua Es Skaftafell

Gua Es Skaftafell - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Gua Es Skaftafell | Sumber: vebma.com

Kita bisa melihat secara langsung bentuk gua es sebenarnya di Gua Es Skaftafell ini. Lokasinya masih berada di Taman Nasional Vatnajokull dan tempat ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan eksotis. Gua ini tentu saja memiliki keunikan dengan dinding-dinding yang dilapisi es. Untuk memasuki gua ini butuh pengalaman, keterampilan, dan peralatan khusus karena selain permukaannya licin, lokasinya sangat terpencil dan dingin. Namun, pemandangan di dalam begitu menakjubkan dengan ciri khas warna birunya.

Baca juga:  7 Tempat Wisata Terbaik Di Inggris
  1. Danau Es Jokulsarlon

Danau Es Jokulsarlon - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Danau Es Jokulsarlon | Sumber: pixabay.com

Banyak yang mengatakan Danau Es Jokulsarlon merupakan salah satu tempat paling indah di Islandia. Danau ini menyuguhkan pemandangan berupa laguna luas berwarna biru dihiasi bongkahan es raksasa dan gunung es lancip yang menjulang ke langit. Untuk menuju tempat ini dan mengelilinginya kita harus menggunakan jasa tour karena transportasi untuk berlibur ke tempat ini cukup sulit. Selain itu, kita juga melihat hewan-hewan laut seperti pinguin, anjing laut, ikan salmon, dan burung-burung kutub secara langsung. Terdapat pula serpihan-serpihan es besar yang terdampar di pinggir pantai atau danau dan tak kalah indahnya.

  1. Aurora Borealis

Aurora Borealis - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Aurora Borealis | Sumber: artstation.com

Keindahan aurora atau pancaran cahaya berwarna-warni bisa kita saksikan di sini. Langit-langit di Islandia sebagai tempat bermunculan aurora karena didukung dengan udara dan iklim di negara ini. Tapi kita harus menentukan waktu dan lokasi yang tepat untuk mendapatkan aurora yang bagus biasanya sekitar bulan September hingga April. Lokasinya pun harus jauh dari lampu-lampu kota agar tidak kalah dengan silaunya cahaya lampu buatan.

  1. Landmannalaugar
Landmannalaugar - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Landmannalaugar | Sumber: extremeiceland.is

Landmannalaugar merupakan pegunungan riolit berupa bidang lava warna-warni dan gunung berapi Hekla yang menghadirkan pemandangan yang sangat eksotis. Tempat ini menjadi tujuan wisata yang cukup populer karena keunikannya. Ketika berada di sini kita akan merasa seperti berada di sebuah planet yang berbeda. Kita bisa berjalan atau hiking atau bisa juga menunggangi kuda untuk menikmati pemandangan di tempat ini.

  1. Air Mancur Panas

Air Mancur Panas Islandia - Tempat Wisata Terbaik Di Islandia

Air Mancur Panas Islandia | Sumber: upost.info

Air mancur panas ini terjadi karena adanya aktivitas vulkanik di bawah permukaan. Aktivitas tersebut membuat banyak geyser dan mata air bawah tanah tersembur ke luar. Tentu hal ini menjadi pengalaman menarik ketika bisa melihatnya secara langsung, namun harus berhati-hati dan jangan melihatnya terlalu dekat karena berbahaya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.