7 Tempat Wisata Terbaik Di Belanda Yang Wajib Dikunjungi

Negara Belanda memiliki hubungan yang cukup erat bagi Bangsa Indonesia sebagai penjajah selama 3,5 abad lamanya. Salah satu negara di Eropa yang memiliki pemerintahan monarki konstitusional ini memiliki tempat-tempat wisata terbaik yang menarik untuk dikunjungi dan konon katanya terdapat sebuah museum yang menyimpan peninggalan-peninggalan sejarah Negara Indonesia. Secara geografis, negara ini berbatasan dengan laut di sebelah utara dan barat, berbatasan dengan Belgia di sebelah selatan, dan berbatasan dengan Jerman di sebelah timur. Meskipun sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah, terdapat juga pegunungan, bukit pasir, dan sungai-sungai yang menghiasi negeri kincir angin ini. Berikut ini beberapa tempat wisata terbaik di Belanda yang bisa menjadi pilihan untuk tempat liburanmu.

  1. Desa Kinderdijk

Desa Kinderdijk merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Belanda sebagai desa dengan 1.000 kincirnya. Secara geografis, letaknya berada di Alblasserwaard, Belanda Selatan sejauh 15 km dari Kota Rotterdam. Kincir-kincir angin yang dibuat di sini awalnya dimanfaatkan untuk membantu polder (daratan yang berada di bawah level air) tetap kering karena desa ini sering sekali terkena masalah banjir. Menara berbaling-baling tersebut difungsikan sebagai pompa air yang mana air tersebut akan dialirkan ke waduk menuju sungai. Kita juga bisa menikmati panorama pemandangan indah di desa ini baik dengan berjalan kaki maupun bersepeda. Di desa ini juga terdapat sebuah museum yang menyimpan semua informasi mengenai kincir angin. Museum tersebut dibuka pada pukul 09.00 – 17.00 ketika bulan Maret sampai Oktober dan dibuka pada pukul 11.00 – 16.00 pada bulan November sampai Desember. Ketika musim dingin kita bisa bermain ice skating di sini, dan ketika musim panas pun kita akan disuguhkan beroperasinya pompa air tradisional ala Belanda.

 

  1. Taman Bunga Keukenhof

Keindahan bunga tulip yang merupakan bunga khas Negara Belanda ini tentu tidak asing lagi bagi masyarakat dunia. Kita bisa menemukan bunga cantik dengan kualitas terbaik di dunia di Taman Bunga Keukenhof yang terkenal sebagai ladang tulip terbesar di Belanda. Ketika musim semi di bulan Maret – Mei, desa-desa di Belanda akan berubah menjadi padang bunga yang sangat luas dan indah. Selain bunga tulip, terdapat pula bunga-bunga indah lainnya seperti sakura, anggrek, mawar, lavender, dan tumbuhan subtropis lainnya.

 

Luas taman ini adalah sekitar 32 hektar dan terdiri dari beberapa jenis taman yaitu Nature Garden yang mengkombinasikan pepohonan tinggi, semak-semak, danau kecil, dan bunga tulip, krisan, dan lainnya; English Landscape Garden berciri khas jalan setapak dengan hiasan tanaman bunga di sampingnya; Japanese Garden memiliki kombinasi Taman Bunga Keukenhof dengan taman bernuansa Jepang; Historical Garden memiliki koleksi bunga zaman dahulu.

 

  1. Peace Palace

Sebelum menjadi tempat wisata, Peace Palace merupakan gedung administrasi yang sering dijadikan sebagai tempat pertemuan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Desain bangunan tempat ini menyerupai istana dalam cerita-cerita negeri dongeng sehingga banyak yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Baca juga:  12 Tempat Wisata Terbaik Di Finlandia Yang Wajib Dikunjungi

 

  1. West Frisian Flag

Kita bisa menyaksikan pemandangan yang indah berupa hamparan rumput hijau dan bangunan-bangunan khasnya. West Frisian Flag merupakan gugusan pulau yang luasnya membentang di wilayah Belanda ke arah Denmark. Kita pun juga bisa mengelilinginya sambil berolahraga dengan bersepeda atau bisa pula menghabiskan beberapa hari di tempat ini dengan berkemah.

 

  1. Rijks Museum

Jika kita ingin mengunjungi salah satu dari 10 museum terbaik di dunia, makan Rijks Museum adalah tempatnya. Tempat ini memiliki nilai sejarah dan merupakan museum seni terbesar serta bergengsi di Belanda. Kita bisa melihat berbagai macam koleksi lukisan maestro terkenal baik dari Belanda maupun negara lain. Selain itu, di museum yang bergaya Belanda dengan dekorasi neo-gothic ini memiliki koleksi buku-buku tua dan koleksi fotografi klasik.

 

  1. Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

Tempat ini merupakan pasar bunga yang ada sejak tahun 1862 di mana tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang telah disahkan UNESKO karena hanya ada satu pasar bunga terapung di dunia yaitu di Bloemenmarkt. Kita bisa menemukan hampir semua jenis bunga dalam berbagai macam warna baik yang tersedia dalam pot maupun yang sudah dipotong dalam bentuk bunga sekaligus benih bunga dalam kemasan siap kirim. Pasar bunga ini buka setiap hari dan buka pada pukul 09.00 – 17.30 pada hari Senin – Sabtu dan buka pada pukul 11.00 – 17.30 pada hari Minggu.

 

  1. Kota Leiden

Kota yang terletak di antara Amsterdam dan Den Haag ini memiliki hubungan yang cukup erat dengan kemerdekaan Republik Indonesia karena tempat ini menyimpan beberapa kepingan sejarah Indonesia. Di sini kita bisa menemukan patung doktor pertama dari Indonesia dari Universitas Leiden yaitu Husein Djajadiningrat yang mendapat gelar dari Fakultas Humaniora. Di tempat ini juga menjadi saksi lahirnya Organisasi Perhimpunan Indonesia pada masa perjuangan. Terdapat pula bangunan yang menjadi tempat tinggal pelajar Indonesia pada masa itu. Kita juga bisa menemukan koleksi-koleksi sejarah seperti peninggalan berupa arca, benda koleksi istana, kain khas suku-suku di Indonesia yang usianya ratusan tahun yang tersimpan di Museum Volkenhunde dan Ruang Khusus Koleksi Indonesia. Koleksi buku tentang Indonesia yang cukup lengkap dan merupakan warisan literasi Indonesia juga bisa kita temukan di Gedung KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal en Volkendkunde. Ketika kita menyusuri jalanan di kota ini, kita akan menemukan ratusan mural puisi di berbagai bangunan dan yang menarik terdapat pula puisi ‘Aku’ sebuah karya fenomenal penyair Chairil Anwar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.