7 Tempat Wisata Kediri Hits 2018

Kediri adalah salah satu wilayah di provinsi Jawa Timur dengan potensi wisata luar biasa. Berada di 130 Km dari kota Surabaya, kota Kediri ini juga dikenal dengan perdagangan gulan dan rokoknya. Kota ini termasuk ke dalam kota berprestasi dan membanggakan serta menyimpan banyak potensi wisata menarik yang tidak boleh kamu lewatkan. Wisata alam, sejarah, serta obyek wisata lainnya bisa kamu nikmati jika berkunjung ke kota Kediri, Jawa Timur.

Berikut daftar Tempat Wisata Kediri Hits 2018 yang bisa kamu masukkan dalam list kunjungan wisata kamu tahun ini:

  1. Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud Kediri - Tempat Wisata Kediri Hits 2018

Gunung Kelud Kediri | Sumber: ksmtour.com

Gunung ini merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang masih aktif. Jika kamu adalah salah seorang yang hobi mendaki dan menyaksikan indahnya pemkamungan dari ketinggian, maka kamu harus coba mengunjungi Wisata Gunung Kelud ini.

View alam yang ditawarkan gunung ini sangat indah, hijaunya sekeliling akan memanjakan mata kamu saat mengunjungi Wisata Gunung Kelud. Akses jalan yang sudah bagus semakin memudahkan kamu yang tidak kuat jika harus mendaki sampai ke puncak. Disini juga tersedia jasa ojek atau motor yang bisa mengantarkan kamu ke Puncak Gunung Kelud dengan keindahan panorama alam ciptaan Tuhan yang disajikannya. Disepanjang perjalanan menuju lokasi wisata gunung kelud ini, kamu juga akan menemui taman-taman yang indah, tidak ketinggalan dengan pemkamungan suburnya perkebunan milik penduduk setempat.

  1. Gunung Klotok Kediri

Gunung Klotok berlokasi di kaki Gunung Wilis, Kediri. Tepatnya, Wisata Gunung Klotokini berada di kecamatan Mojoroto, desa Pojok, Kediri. Ketinggian Gunung Klotok ini mencapai 536 Mdpl yang tentunya menawarkan keanggunan alam yang tidak kalah menarik.

  1. Air Terjun Irenggolo Kediri

Lokasi Wisata Air Terjun Kediri yang satu ini hanya berjarak 20 Km dari pusat kota Kediri. Jarak yang tidak begitu jauh ini bisa kamu tempuh dalam waktu lebih kurang 30 menit saja. Disini kamu akan disuhi dengan pemkamungan hutan pinus yang hijau dan lebat. Terdapat juga camping area, jogging, hiking, serta taman bermain disini.

  1. Air Terjun Dolo Kediri

Obyek wisata berikutnya yang sering menjadi destinasi kunjungan wisatawan adalah Wisata Air Terjun Dolo Kediri.  Air terjun ini berjarak sekitar 25 Km dari pusat kota Kediri menuju ke arah barat. Waktu yang akan kamu habiskan saat ingin mengunjungi air terjun ini sekitar 1 jam dari pusat kota Kediri dan 2 jam jika perjalanan dimulai dari Pare, Kediri. Ketinggian Air Terjun Dolo mencapai 125 meter dan berapa pada ketinggian 1800 Mdpl. Disini juga ada area taman bermain, jogging, hiking dan camping.

  1. Goa Selomangkeng Kediri

Wisata Goa Selomangkeng adalah salah satu obyek wisata ang sarat akan sejarah. Goa Selomangkeng merupakan goa peninggalan Kerajaan Kediri Zaman dulu. Wisata Goa Selomangkeng berjarak 7 Km saja dari pusat kota dan berada di kaki gunung Klotok, tepatnya di desa Waung, kecamatan Mojoroto, Kediri.  Konon katanya goa ini dahulu digunakan oleh Dewi Kilisuci untuk bertapa. Dewi Kilisuci sendiri adalah seorang putri Raja Airlangga. Ia melakukan pertapaan karena menolak menerima warisan tahta dan lebih memilih menjauh dari urusan dunia.

  1. Goa Maria Pohsarang Kediri

Goa ini merupakan tempat kunjungan favorit untuk para wisatawan, khususnya yang beragama Katholik. Tidak jarang umat Katholik berkunjung ke gua ini untuk melakukan ibadah. Letak goa ini berada di desa Pohsarang, kecamatan Semen, kabupaten Kediri. Wisata religi ini berjarak 10 Km dari pusat kota Kediri. Dulunya goa ini kecil, namun kemudian direnovasi pada tahun 1998 dan menjadi lebih besar. Goa ini dibentuk menyerupai Goa Maria Lourdes di Perancis.

  1. Candi Setono Gedong Kediri

Candi ini juga dikenal dengan Makam Setono Gedong. Pada masa kejayaan Singosari, pemerintahan Mahesa Campaka Didaha, kawasan candi ini digunakan untuk melakukan pemujaan kepada Dewa Wisnu. Artefak yang terdapat di candi ini adalah Lapik Arca yang bereliefkan Garuda yang digunakan Dewa Wisnu sebagai kendaraan.

Baca juga:  Taman Rekreasi Tlogomas, Tempat Wisata Hits Nan Melegenda di Malang

Itulah ulasan mengenai beberapa Tempat Wisata Kediri Hits, dan itu masih secuil dari lokasi-Lokasi Wisata Menarik Kediri. Jika kamu sudah pernah kesemua objek tersebut tapi masih ingin mengeksplore keindahan Kediri mungkin kamu bisa mengunjungi beberapa tempat berikut, yaitu Candi Sorowono, Kuil Tjoe Hwie Kiong, Arung Jeram Konto, Sumber Ubalan, dan masih banyak lagi. Kediri Kota Wisata Kaya Sejarah, yang tidak boleh kamu lewatkan. Kediri kaya dengan Wisata Alam Kediri nan indah, sebagai Mahakarya Tuhan. Wisata Pendidikan juga menjadi ikon terpenting yang membuat Kediri ramai dikunjungi. So, jangan lupa masukan Kediri dan semua objek wisatanya ke dalam list kunjungan wisata kamu berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.