7 Destinasi Wisata Yang Layak Dikunjungi Di Batang

Batang adalah salah satu kabupaten yag ada di Jawa Tengah. Sebagian besar wilayah Batang merupakan perbukitan dan pegunungan. Kabupaten Batang memiliki beragam tempat wisata yang belum banyak wisatawan tahu, seperti: wisata alam, religi, sejarah, hingga budaya yang menarik untuk dikunjungi. Berikut 7 Tempat Wisata Di Batang yang layak dikunjungi.

  1. Telaga Sidringo

Terletak di Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Nama sidringo diambil dari tumbuhan yang ada di sekitar telaga. Penduduk setempak menyebut Telaga Sidringo sebagai “Ranukumbolo Batang Jawa Tengah”. Hal itu dikarenakan bentuk dan pemandangannya hampir sama, yakni sama-sama dikelilingi oleh perbukitan hijau nan cantik. Telaga Sidringo masih sangat asri dengan dikelilingi oleh pohon-pohon cemara yang berjejer indah. Dari atas bukit sekitar 10 menit berjalan kaki ada hampran sabana yang tidak kalah memukau dan sayang untuk dilewatkan.

  1. Jembatan Buntu Sengon

Berlokasi di Dukuh Roban, Desa Sengon, Kecamatan Subah, Batang. Merupakan jembatan kayu yang berada di atas sungai, dengan view menghadap ke perbukitan hijau yang cantik. Jembatan ini berada pada ketinggian 200 mdpl, dan merupakan hasil kreatifitas remaja setempat. Tidak ada tiket masuk menuju Jembatan Buntu Sengon, hanya uang lelah seikhlasnya, serta biaya parkir 2000 rupiah. Dari jembatan ini, wisatawan juga dapat mengakses tempat wisata terdekat, seperti: Curug Canting dan Goa Jepang.

  1. Gardu Pandang Sri Gunung

Wisata Gardu Pandang menawarkan pemandangan perkebunan karet, dari atas gardu, wisatawan bisa menlihat hamparan pohon karet yang hijau dan menyejukkan. Terletak di Dukuh Limbangan, Desa Kalibalik, Kecamatan Banyuputih, kabupaten Batang. Di sekitar Gardu Pandang juga terdapat tanaman bunga berwarna warni yang sangat manis untuk dilihat seperti bunga jengger ayam dan bunga matahari, belum lagi spot foto instagrammable yang sayang untuk dilewatkan seperti jembatan cinta, taman lope-lope, area madiyang.

  1. Rumah Pohon Tombo

Rumah Pohon Tombo terletak di Desa Tombo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Adapun Desa Tombo berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Desinasi Rumah Pohon cantik ini dibangun diatas pohon beringin. Selain rumah pohon, juga terdapat bukit hutan cemara yang cukup eksotik, taman bermain serta gazebo tempat wisatawan melepas penat. Untuk masuk ke rumah pohon dikenakan biaya 3000 rupiah per orang, dan parkir 2000 rupiah.

  1. Kebun Teh Pagilaran

Berlokasi di Desa Kateleng, kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Kebun Teh Pagilarang merupakan “puncak” milik Batang-Pekalongan. Hal ini menjadikan Kebun Teh Pagilarang sebagai Objek Wisata Pekalongan. Udara yang nyaman, sejuk dan bersih, serta hamparan kebun teh yang menghijau memanjakan mata, menjadi alternatif liburan masyarakat setempat. Di kebun ini juga disediakan penginapan atau villa yang bisa disewa per kamar maupun per rumah, sehingga cocok untuk liburan keluarga. Kebun Teh Pagilaran juga memiliki layanan paket, seperti: tea walk, tea factory, outbond area, sunrise view point, flying fox, kolam renang dan masih banyak lainnya.

  1. Pantai Ujung Negoro

Laut biru dan hamparan pasir menjadikan wisatawan betah berlama-lama di Pantai Ujung Negoro. Terdapat tebing yang dapat dipanjat jika ingin menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Di sekitar lokasi juga terdapat makam Syekh Maulana Maghribi, dimana dulunya banyak wisatawan datang untuk ziarah ke makam tersebut. Jika ingin naik perahu, maka bisa menyewa pada penduduk setempat. Tiket masuk area pantai hanya 5000 rupiah per orang. Fasilitas disini juga cukup lengkap, mulai dari arena bermain, musholla, kamar mandi dan lain-lain.

  1. Batang Dolphin Centre

Terletak di kawasan Pantai Sigandu, Klidang Lor, Kabupaten Batang. Batang Dolphin Centre bukan hanya tempat penangkaran lumba-lumba. Tempat ini juga menawarkan rekreasi Unta Tunggang dengan tarif 10.000 rupiah per orang, serta Kuda Tunggang dengan tarif yang sama. Wisatawan juga dapat berfoto bersama orang utan, beberapa burung, dan hewan liar lainnya. Sesuai dengan namanya, salah satu objek wisata disini adalah kolam lumba-lumba, pada jam-jam tertentu ditampilkan pertunjukan kumba-lumba. di sekitar lokasi juga terdapat mini safari, yakni sebuah kebun binatang mini.

Baca juga:  Keindahan Pantai Nanseri yang Memukau

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.