6 Wisata Pantai Di Singkawang Yang Wajib Dikunjungi

Apa yang pertama kali ada di benakmu ketika mendengar nama Singkawang? Mungkin salah satu hal yang terlintas di benak kita adalah kentalnya budaya Tionghoa di sana. Namun jangan salah, karena kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat ini menyimpan sejuta pesona wisata yang menakjubkan dan bahkan masih asing dan tabu bagi banyak orang.

Situs budaya, situs sejarah, panorama alam, spot foto untuk jaman now, sampai air terjun pun bisa kita temukan di sini. Dijamin akan membuat kita takjub ketika melihat keindahan dan kekayaan wisatanya. Beberapa keindahan alam yang wajib di explore adalah wisata pantai di Singkawang yang tentunya banyak diburu para penikmat senja.

  1. Pantai Kura-Kura

Pantai ini terletak di Kabupaten Bangkayang perbatasan Kota Singkawang yang terkenal masih sangat asri sampai-sampai ketika malam hari pantai ini sangat gelap karena belum ada listrik dan penerangan yang sampai di tempat ini. Pantai ini memiliki 2 lokasi yang bisa kita explore yaitu di pintu masuk awal dan di balik bukit yang terdapat di pantai tersebut. Tidak seperti namanya, Pantai Kura-Kura ini justru tidak terdapat kura-kura sama sekali. Untuk menuju pantai ini kurang lebih membutuhkan waktu 3 jam dari Pontianak ke Tanjung Gundul sedangkan jika dari Singkawang hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Tiket masuk per orangnya berkisar Rp 15.000 dan jika ingin menyewa penginapan cukup membayar Rp 200.000 – Rp 300.000 saja.

  1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang - Wisata Pantai Di Singkawang

Pantai Pasir Panjang Singkawang | Sumber: tanahnusantara.com

Pantai Pasir Panjang yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang, Kalimantan Barat ini  panjangnya membentang sepanjang 3 km. Untuk mencapai tempat ini, bisa ditempuh selama 20 menit dari pusat Kota Singkawang.  Fasilitas yang tersedia di pantai ini di antaranya adalah pusat informasi pariwisata, diskotik, tempat sewa perahu motor, sepeda air, pondok wisata, dan toko souvenir. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 20.000 untuk hari libur.

  1. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung terletak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan berdekatan dengan Teluk Mak Jantu. Dari Pontianak menuju Sedau diperkirakan jaraknya sekitar 186 km. Selain dijadikan tempat tambatan perahu, pantai ini kini juga menjadi tempat rekreasi pemancingan dan tempat bersantai bagi masyarakat setempat dan wisatawan baik lokal maupun luar kota.

Pantai Batu Burung ini dulunya adalah sebongkah batu granit raksasa yang terletak agak jauh dari pantai yang ditempati banyak sekali burung-burung. Itulah sebab alasan yang menjadikan nama pantai ini Pantai Batu Burung. Pemandangan di pantai ini sangatlah indah dan kita bisa menikmati keindahan di pantai ini dengan menyewa sampan seharga Rp 15.000 sepuasnya selama seharian.

Baca juga:  Rekomendasi Wisata Alam Hokkaido

Sekitar 150 meter ke arah pantai terdapat batu besar tempat orang-orang memancing ikan dan kita cukup menaiki rakit dengan membayar Rp 2.000. Untuk memasuki wilayah pantai ini pun tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Hotel dan penginapan pun juga tersedia di pantai ini.

  1. Pantai Samudra Indah

Pantai Samudra Indah letaknya berdekatan dengan Pantai Kura-Kura tepatnya di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang berbatasan dengan Kota Singkawang. Untuk menuju tempat ini pengunjung membutuhkan waktu 3 jam dari Kota Pontianak dan 30 menit dari Kota Singkawang. Memasuki kawasan pantai ini cukup dengan membayar tiket Rp 10.000 per orang.

Pengelola menyediakan pondok-pondok kecil yang terbuat dari kayu dengan atap daun yang dibangun di atas bebatuan. Tersedia pemandian air payau di pantai ini sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk membilas badannya setelah puas bermain air asin.

  1. Palm Beach

Palm beadh menjadi salah satu wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Kota Singkawang, Kalimantan Barat dan letaknya pun bersebelahan dengan Taman Pasir Panjang Indah. Pemandangan alam lautnya sangat indah dan beberapa pulau akan terlihat ketika menatap ke laut bahkan sesekali kita bisa melihat kapal-kapal nelayan yang melintas. Untuk memasuki kawasan ini hanya dikenai tarif Rp 25.000 per orang. Pantai ini pun memiliki berbagai macam fasilitas seperti hotel, kolam renang, kantin, bumi perkemahan, dan wahana permainan lainnya.

  1. Sinka Island Park

Wisata alam sekaligus wisata modern dihadirkan di Sinka Island Park yang terletak di Jalan Malindo, Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat yang jaraknya 8 km dari Kota Singkawang dan bisa ditempuh sekitar 3 jam dari Pontianak atau sekitar 30 menit dari Singkawang.

Kita bisa menyewa delman atau kuda untuk menikmati pemandangan di pantai ini. Fasilitas pendukung seperti kolam renang, kios minuman dan makanan pun juga tersedia. Dengan mengunjungi Sinka Island Park kita juga sekaligus mengunjungi Pulau Simping yang letaknya berdekatan dah dihubungakan dengan jembatan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.