6 Tips Travelling Saat Hamil Agar Aman

Meskipun sedang dalam keadaan hamil, tidak menutup kemungkinan bagi seorang wanita terutama yang hobi travelling untuk tetap melakukan perjalanan. Yang paling penting kita tahu bagaimana kondisi kesehatan kita dan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum merencanakan untuk travelling. Banyak wanita hamil yang sering bepergian dan toh tetap aman-aman saja. Mereka terkadang ingin punya waktu untuk liburan agar lebih tenang dan fresh pikirannya salah satunya dengan babymoon bersama suami. Tentu hal tersebut akan menjadi momen yang tak terlupakan baik bagi sang ibu, ayah, maupun anak yang ada dalam kandungan. Kelak para orang tua bisa menceritakan kepada anak-anak mereka kemana saja mereka telah membawanya selama masih dalam kandungan.

Meskipun masih bisa travelling dalam keadaan hamil, seorang wanita hamil harus tetap mengutamakan kenyamanannya ketika bepergian dan harus tahu batasan diri serta pastikan untuk tidak sendirian melakukan perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran karena terlalu kelelahan misalnya. Berikut ini beberapa tips travelling saat hamil sehingga tetap aman dan nyaman:

  1. Konsultasikan Dengan Dokter Sebelum Travelling

Konsultasikan Dengan Dokter Sebelum Travelling

Konsultasikan Dengan Dokter Sebelum Travelling | Sumber: amazonaws.com

Hal ini sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan baik sang ibu maupun calon anak. Apakah kondisi kesehatannya cukup baik untuk melakukan perjalanan di luar kota dan aman untuk keduanya. Apapun yang dokter katakan ikuti dan lakukanlah saran serta rekomendasi dokter tersebut agar tidak menyulitkan dalam perjalanan lainnya. Kalian pun juga bisa meminta saran kepada dokter tentang bagaimana tips travelling saat hamil yang aman. Setidaknya dengan berkonsultasi dengan dokter kalian akan lebih tenang dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi.

  1. Bawa Vitamin dan Obat-Obatan Yang Diperlukan

Sebagai wanita hamil tentu harus mengalami perjuangan yang cukup berat dengan membawa sang anak kemana-mana di dalam perut sehingga ibu hamil membutuhkan stamina yang lebih. Jangan lupa untuk membawa vitamin suplemen untuk meningkatkan stamina serta obat-obatan yang diperlukan tergantung dari kondisi masing-masing ibu hamil berdasarkan saran dari dokter.

Baca juga:  6 Tips Wisata Backpacker ke Pulau Harapan
  1. Self-Control Dan Cari Kegiatan Yang Aman

Ketika hamil kondisi tubuh akan mudah merasa lelah sehingga jangan terlalu memaksakan diri dan ketahui batasan diri kalian sejauh mana. Jangan sampai terlalu menguras tenaga hingga akhirnya kelelahan sehingga justru membahayakan kondisi kehamilan. Selain itu carilah kegiatan yang aman dan tidak berbahaya. Jangan sampai mencoba untuk melakukan kegiatan-kegiatan ekstrim dan berbahaya. Kegiatan seperti bersantai di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi atau duduk santai di taman tentu bisa menjadi alternatif untuk travelling saat hamil.

  1. Tidur dan Istirahat Yang Cukup

Jangan lupa untuk tidur dan istirahat yang cukup agar stamina tetap terjaga. Ingat ibu hamil mudah kelelahan sehingga jangan sampai begadang hingga terlalu larut malam.

  1. Bawa Makanan dan Minuman Yang Cukup

Ibu hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri karena dia juga harus memperhatikan asupan dan nutrisi untuk calon anak yang dikandungnya sehingga ibu hamil sering sekali mudah merasa cepat lapar. Pastikan untuk membawa camilan atau makanan dan minuman yang cukup agar tidak kelaparan selama perjalanan. Jangan sampai terabaikan hingga lupa memperhatikan kesehatan diri sendiri dan sang anak.

  1. Pakai Outfit Yang Nyaman

Berdandan fashionable tentu sangat penting ketika keluar rumah, tapi kenyamanan menjadi hal yang utama dan lebih penting. Pakailah outfit yang nyaman dan tidak ribet serta tidak berlebihan. Tentu yang tahu bagaimana kenyamanan yang diperlukan adalah bergantung dari si ibu sendiri. Disarankan untuk tidak memakai pakaian ketat dan high heels karena akan mempersulit kalian ketika travelling. Pilihlah yang sesuai dan nyaman meskipun terlihat sederhana. Serta jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan selama travelling.

Travelling ketika hamil tentu akan menjadi pengalaman berkesan sebagai seorang ibu. Santai dan nikmatilah setiap momen perjalanan yang ada agar pikiran lebih fresh sehingga tidak takut dan panik menghadapi hari melahirkan. Semoga tips travelling saat hamil agar aman ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.