6 Tips Bagi Backpacker yang Ingin Berwisata ke Pulau Tidung

Melakukan perjalanan wisata merupakan hal yang sangat menarik dan menyenangkan. Namun terkadang niat berwisata sering diurungkan kembali akibat minimnya budget yang dimiliki. Tetapi tidak semua orang memilih untuk menunggu dan merencakan ulang perjalanan wisata mereka. Pasalnya, kendala ini bisa di atasi jika mau mencoba Berwisata Ala Backpacker. Backpacker adalah cara terbaik untuk menikmati momen liburan anda dengan cara sederhana dan minim budget. Biasanya selain menghemat pengeluaran, para backpacker juga memberikan challenge untuk diri mereka, sejauh mana batas kemampuan diri mereka dalam melakukan perjalanan.

Wisata alam pasti adalah destinasi kunjungan favorit para backpacker, salah satu wisata alam yang sering dikunjungi para backpacker adalah Pulau Tidung, Kepulaun Seribu. Jika anda adalah backpacker yang berdomisilli di Jakarta, mungkin Pulau Tidung sudah menjadi destinasi rutin anda saat merasa butuh me-refresfh tubuh dan otak. Namun, bagi anda backpacker yang belum pernah ke pulau ini atau bagi anda yang ingin merasakan Liburan Ala Backpacker dengan budget hemat, mungkin Tips Wisata Backpacker Ke Pulau Tidung berikut ini bisa anda andalkan:

  1. Pilih Agen Perjalanan atau Backpacking

Saat anda ingin melakukan perjalanan ke Pulau Tidung, sebaiknya anda memperkirakan biaya yang akan anda habiskan jika melakukan perjalanan mandiri, dengan perjalanan memakai jasa agen perjalanan. Apabila anda sudah memiliki gambaran estimasi keduanya, selanjutnya anda bisa memilih mana yang cocok dengan saku anda, apakah melakukan perjalanan mandiri atau menggunakan jasa agen perjalanan.

 

  1. Cari Trek Perjalanan Paling Murah

Setelah mantap dengan keputusan melakukan perjalanan ala backpacker, maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi Trek Paling Murah Ke Pulau Tidung. Perjalanan menuju pulau tidung pada awalnya tentu akan memanfaatkan dermaga-dermaga terdekat yang adan di sekitar Jakarta. Ada 3 pilihan saat melakukan perjalanan ke Pulau Tidung, pertama, anda bisa memanfaatkan jalur keberangkatan dari pelabuhan Muara Angke, kedua, anda bisa memanfaatkan jalur keberangkatan dari dermaga Marina Ancol, dan ketiga, anda bisa memanfaatkan jalur Rawasaban, Tangerang. Bila anda backpacker, maka pilihan yang tepat adalah Muara Angke atau Rawasaban. Namun, jika anda ingin sampai lebih cepat maka mulailah perjalanan anda dari Marina Ancol, sebab sarana penyebrangan sudah menggunakan speed boat.

Baca juga:  Air Terjun Sisundung Parsalakan - The Tapanuli‚Äôs Hidden Paradise

 

  1. Berangkatlah Sepagi Mungkin

Tips Wisata Backpacker Murah berikutnya adalah anda harus berangkat sepagi mungkin. Akses menuju Pulau Tidung cukup terbatas, jadi bagi anda backpacker harus mencari sarana transportasi umum yang harganya lebih murah. Akses transportasi umum murah ini bisa anda nikmati saat jam 6 pagi, jadi anda harus berada di pelabuhan sebelum jam tersebut. jika anda kesiangan maka anda akan kesulitan menemukan sarana transportasi, walaupun nanti ada biasanya ongkos penyebarangannya jauh lebih mahal.

 

 

 

  1. Camping di Pulau Tidung

Tips selanjutnya, jika anda ingin bermalam maka tidak usah repot-repot mencari penginapan dan mengeluarkan biaya penginapan. Sebab, biaya penginapan yang harus anda keluarkan jika memanfaatkan jasa homestay berkisar 300-400 ribu per-malam. Jadi, nge-camp adalah ‘solusi tak terbantahkan’ untuk anda para backpacker sejati. Uang yang sejatinya untuk penginapan, bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan dan aktifitas lain di Pulau Tidung. Bila anda merasa sedikit parno mendirikan camp, jangan takut karena anda bisa memilih mendirikan camp di Pulau Tidung Besar, karena disana adalah pualau yang dihuni penduduk.

 

  1. Bawa makanan sendiri

Tips penting berikutnya adalah jangan lupa membawa makanan atau bekal. Ini demi meminimalisir pengeluaran saat Berwisata Ke Pulau Tidung, karena biasanya harga makanan di lokasi wisata akan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di luar. Anda mungkin bisa menyiapkan roti, air mineral, susu, dan makanan lainnya yang anda butuhkan.

 

  1. Hindari Spot Turis

Banyak sekali Spot Menarik Pulau Tidung, tentunya spot-spot ini bagus dan keren. Bagi anda backpacker, sebaiknya hindari untuk mengunjungi spot-spot yang sering dikunjungi turis luar negeri. Sebab, biasanya spot favorit turis asing akan dikenakan biaya kunjungan lebih mahal, jadi jangan pilih spot tersebut ya. Nikmatilah spot-spot indah lainnya yang tersebar di Lokasi Wisata Pulau Tidung. Seringnya para Backpacker Mengunjungi Pulau Tidung, tentu saja akan memunculkan spot-spot tertentu yang menjadi favorit mereka, mungkin anda bisa mencobanya.

Itulah beberapa tips Wisata Backpacker Ke Pulau Tidung yang bisa anda jadikan pedoman saat ingin melakukan perjalanan wisata ala backpacker ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Selamat mencoba dan selamat menikmati perjalanan wisata anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.