6 Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadhan

Setiap kaum muslim wajib berpuasa. Namun jangan sampai puasa menjadikan aktifitasmu terhenti. Puasa bukanlah alasan untuk tidak beraktifitas seperti hari-hari biasa. Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar pikiran tidak jenuh dan berakibat rasa lapar dan lemas menyerang.

Diantara kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menepis rasa lapar dan dahaga saat puasa ialah dengan berlibur. Ya, dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, dijamin kamu bakal gak inget kalo sedang puasa. Pasalnya, mengunjungi tempat wisata bisa membuat kamu merasa tenang dan rileks, sehingga dengan sendirinya waktu seakan tak terasa dan tiba-tiba saja sudah datang waktu berbuka.

Jika kamu ragu untuk melancong saat puasa, simak dulu ulasan 6 Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadhan di bawah ini.

  1. Istanbul, Turki

Sebagai negara mayoritas muslim, Turki menawarkan sejuta pesona keislaman yang tiada habisnya. Turki yang memang banyak menyimpan sejarah kejayaan Islam di masa lalu senantiasa menjadi destinasi favorit para pelancong. Bangunan-bangunan berarsitektur khas Timur Tengah dipadu dengan keunikan serta latar belakang sejarah, membuat Turki tak pernah bisa ditolak menjadi spot wisata Islam terbaik dunia.

Nah, saat Ramadhan tiba, Turki bisa menyihir setiap wisatawan yang berkunjung. Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati ramainya pasar sore yang makin membludak saat Ramadhan, dengan sajian menu berbuka yang siap menggoyang lidah.

Tak hanya itu, sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa menikmati senja yang syahdu tepat di perbatasan Asia Eropa yang begitu mempesona.

  1. Mekkah, Arab Saudi

Sudah menjadi rahasia umum, jika Ramadhan menjelang, pasti banyak kaum muslimin yang membooking tiket umroh demi bisa mereguk kepuasan bathin di Rumah Allah. Tentu berbeda suasana antara berpuasa di tempat-tempat lain dengan di tempat yang paling suci di dunia ini. Belum lagi daya tarik tempat suci bersejarah yang menjadi spot favorit kaum muslimin yang menunaikan ibadah umroh, sebut saja makam Nabi Ibrahim dan Makam Nabi Muhammad SAW.

Menjadi kepuasan tersendiri bagi orang Islam saat bisa merasakan langsung syahdunya berpuasa Ramadhan di Tanah Suci Mekkah.

  1. Kuala Lumpur, Malaysia

Tempat Wisata Terbaik Saat Ramadhan selanjutnya ialah Kuala Lumpur, Malaysia. Tak perlu jauh-jauh menikmati puasa dengan berlibur, kamu cukup mengunjungi negeri tetangga yang tak kalah memiliki pesona keislaman yang mengagumkan. Di sini kamu bisa menemukan banyak kesenangan saat mengunjungi spot-spot wisata Kuala Lumpur Terbaik. Lebih-lebih di Bulan Ramadhan. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Malaysia biasa memeriahkan bulan penuh berkah dengan berbagai macam festival saat Ramadhan.

  1. Marrakesh, Maroko

Satu lagi Destinasi Terbaik Saat Ramadhan yang bisa kamu kunjungi, yaitu Marrakesh, Maroko. Kota yang satu ini tak boleh terlewatkan dari list wajib kamu ya. Saat Ramdhan tiba, masyarakat setempat bakal menggelar bermacam-macam festival meriah. Mulai dari festival kuliner, lomba-lomba serta musabaqah tadarusan. Tak hanya itu, banyak pula hadiah dan doorprize meggiurkan yang banyak digelar di pusat-pusat perbelanjaan.

  1. Tokyo, Jepang

Sebagai negara yang minoritas muslim, Tokyo sangat ramah dengan kaum muslim. Toleransi di Tokyo begitu luar biasa. Saat Ramadhan, kamu bakal menjumpai berbagai festival kuliner halal di pusat-pusat perbelanjaan di Tokyo. Tak hanya itu, agar wisata religimu makin sempurna, kamu bisa mengunjungi masjid-masjid di Tokyo yang biasanya ramai dengan kajian-kajian keislaman.

  1. Canberra, Australia

Canberra Australia - Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadhan

Canberra Australia | Sumber: reddit.com

Satu lagi negara tetangga yang bisa kamu kunjungi saat Ramadhan, Australia. Di negara kanguru ini, tepatnya di Canberra, kamu bakal bisa menikmati puasa Ramadhan dengan sensasi berbeda. Cocok banget buat kamu yang hobi mengeksplor pengalaman baru.

Baca juga:  Eksotisme Gunung Yang Terpisah Di Tanah Daeng, Sulawesi Selatan

Waktu puasa di Australia hanya sekitar 10-11 jam saja, jauh lebih cepat dari Indonesia. Menariknya, sama seperti Jepang, di Australia begitu toleran dengan kaum muslimin yang sedang menjalankan ibadah puasa. Di sini kamu juga bisa menjumpai aneka jajanan dan festival budaya yang rasanya sayang untuk dilewatkan.

Itulah ulasan singkat mengenai Destinasi Liburan Terbaik Saat Ramdhan yang layak untuk dikunjungi. Tak ada salahnya menabung dari sekarang demi menikmati suasana Ramadhan yang berbeda dari biasanya. Semakin banyak pengalaman maka semakin banyak pula yang bisa kamu ceritakan untuk anak cucu.

Nah, tunggu apa lagi?! Buruan booking tiketnya dan bersiap menjadi backpacker Ramadhan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.