5 Tempat Wisata Yang Menarik Untuk Dikunjungi Di Indramayu

Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat, kabupaten ini memiliki banyak objek wisata keren, seperti: situs budaya, situs sejarah, spot foto kekinian, air terjun dan masih banyak lainnya. Berikut kami paparkan secara ringkas 5 Tempat Wisata Kabupaten Indramayu yang menarik untuk dikunjungi.

1. Hutan Mangrove Karongsong

Merupakan kawasan ekowisata dengan luas sekitar 25 hektar, dan telah dicanangkan sebagai mangrove centre pada tahu 2015. Hutan Mangrove Karongsong menyediakan fasilitas, seperti: jogging trek atau jalan setapak, jalur perairan Hutan Mangrove, menara Hutan Mangrove, serta spot memancing. Adapun tiket masuk untuk kendaraan roda empat yakni 10.000 rupiah, dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda dua, serta 10.000 rupiah per orang untuk naik perahu mengelilingi Hutan Mangrove. Hutan ini juga memiliki beberapa keunikan, salah satunya adalah: pengunjung diperbolehkan membawa kamera dslr, dapat digunakan untuk foto prewedding, tempat tumbuh kembang berbagai spesies burung dan satwa liar, serta wisatawan dapat menikmati proses pembuatan kapal dan pelelangan ikan.

2. Pulau Biawak

Berlokasi di sebelah utara semenanjung Indramayu, yakni sekitar 40 meter dari pantai utara Indramayu. Secara administratif, Pulau Biawak termasuk dalam wilayah Indramayu. Tempat ini memiliki luas sekitar 120 hektar, dengan rincian 40 hektar wilayah pantai dan sisanya merupakan hutan bakau. Wisata utama di pulau ini adalah melihat biawak dari dekat. Pulau ini memiliki 300 lebih biawak yang dilindungi keberadannya. Wisatawan yang ingin menyaksikan biawak dari jarak dekat, dapat melemparkan daging ikan kemudian biawak pun menghampiri, karena biawak memiliki indra penciuman yang cukup tajam. Biawak yang ada di pulau ini sudah terbiasa dengan kedatangan manusia, sehingga mereka tidak malu dan tidak takut apabila kita dekati. Meski terlihat mirip, akan tetapi biawak berbeda dengan komodo, sehingga wisatawan tetap harus berhati hati dan menghindari gigitan biawak.

3. Taman Cimanuk

Berlokasi di Jalan Veteran Indramayu atau tepat di belakang Masjid Agung Indramayu. Taman Cimanuk Indramayu menawarkan pemandangan indah yang memanjakan mata dan sungai yang cukup jernih. Di taman ini juga sering diadakan acara pameran seni, budaya dan sejarah. Taman Cimanuk menyediakan beberapa permainan anak, seperti: jungkat jungkit dan ayunan. Pusat kuliner Cimanuk juga turut meramaikan taman ini, disebelahnya juga terdapat rumah seni dan budaya, yang digunakan untuk para pengrajin batik khas Indramayu, yakni batik Paoman. Para wisatawan juga dapat belajar membatik di rumah seni tersebut. Diseberang pusat kuliner, juga terdapat Kedai Galeri yang menyimpan benda-benda purbakala berumur ratusan tahun, seperti: alat membajak sawah, lumpang, dan foto-foto bersejarah tentang Indramayu tempo dulu.

Baca juga:  7 Tempat Hunting Hits di Kediri

4. Pantai Tirtamaya

Berlokasi di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Pantai ini mudah dijangkau oleh kendaraan bermotor, dengan jarak kurang lebih 16 km dari pusat Kota Indramayu. Pantai Tirtamaya menyuguhkan pemandahan bahari yang luar biasa eksotis, dengan deburan ombak dan pemandangan sunset atau sunrise yang menggoda. Para wisatawan yang berkunjung lebih senang menghabiskan waktu dengan berenang atau sekedar bermain pasir. Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga cukup lengkap, seperti: musholla, kamar mandi, toilet, serta kantin yang berjejer di sepanajng bibir pantai. Di pantai ini juga sering diadakan event, seperti: konser musik dan pesta laut (nadran). Terdapat dermaga yang digunakan sebagai sandaran kapal boat menuju pulau biawak. Adapun tiket masuk pantai dikenakan biaya 3000 rupiah per orang.

5. Pantai Karangsong

Banyak hal yang bisa dijumpai wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Karangsong Kabupaten Indramayu, Jawa Barat seperti: pemandangan para pengrajin kapal yang sedang membuat kapal kayudalam berbagai ukuran, kesibukan nelayan yang melakukan pelelangan hasil tangkapan. Pantai Karangsong memiliki karakteristik ombak landai dan pasir cokelat bercampur lumpur, sehingga tidak cocok dibuat snorkeling. Tiket masuk Pantai Karangsong cukup murah, yakni 5000 rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 10.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Dengan biaya yang murah, wisatawan dapat berenang, bermain pasir atau sekedar menimati jajanan khas indramayu yang dijual di sepanjang bibir pantai. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, seperti: area parkir, musholla, kamar mandi, penginapan dan banyak lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.