5 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Terbaru Dan Kekinian

Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi di pulau Sumatera yang mempunyai banyak sekali potensi didalamnya. Terlebih lagi potensi alam seperti batubara, tembaga, emas, batu gamping dan beberapa lainnya. Hal ini disebabkan karena lokasi Sumatra Barat banyak pegunungan dan lempengan yang siap bergoyang kapan saja. Disamping potensi kekayaan hasil bumi, provinsi ini juga kaya akan tempat wisata. Jadi ke Sumatra Barat tidak selalu menuju jam gadang saja. ternyata banyak sekali lokasi menarik yang sayang bila terlewatkan. Dimana sajakah lokasinya? Simak lebih lengkap tempat wisata di Sumatera Barat terbaru berikut ini.

Tempat Wisata Di Provinsi Sumatra Barat

  1. Great Wall of Koto Gadang

Great Wall of Koto Gadang - Tempat Wisata Di Sumatera Barat

Great Wall of Koto Gadang | Sumber: sportourism.id

Great Wall of Koto Gadang ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai janjang seribu. Yang merupakan tembok besar China-nya Sumatra Barat. Mengapa dikatakan tembok China? Karena bentuk tempat wisata terbaru Sumatra Barat ini arsitekturnya mirip tembok China. Jalanan tembok sepanjang 1km, mengharuskan kalian mempunyai stamina prima bila ingin menjelajah lokasi tersebut. Jangan lupa membawa air minum selama menjelajah tembok China-nya Sumatra Barat ini. Pemandangan sekitarnya sangat mengagumkan dengan bukit-bukit tinggi menjulang disekitarnya, jadi teman terbaik selama perjalanan.

  1. Lobang Jepang

Lobang Jepang - Tempat Wisata Di Sumatera Barat

Lobang Jepang | Sumber: travel.dream.co.id

Lokasi lobang Jepang ini berdekatan dengan lokasi wisata jenjang seribu. Goa atau lobang Jepang ini jadi saksi sejarah peninggalan masa penjajahan Jepang di Bukittinggi. Dulunya lobang Jepang dijadikan penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang. Goa yang didirikan pada tahun 1942-1945 ini dilakukan dengan cara kejam yakni kerja paksa atau romusa. Bagi yang tidak menggunakan jasa guide, harus menghafal lorong-lorong yang ada. Kalau tidak, anda bisa tersesat, mengingat bentuknya sama dan membingungkan bagi pendatang baru.

  1. Jam Gadang

Jam Gadang memang jadi icon provinsi Sumatera Barat, jadi belum sah datang ke Sumatra Barat bila belum melihat jam Gadang. Wisata populer di Sumatera Barat ini bukan sembarang jam karena sarat akan nilai sejarah zaman penjajahan Belanda. Arsitektur jam ini memiliki luas 13×4 meter dengan tinggi 26 meter serta memiliki beberapa tingkat dengan bagian teratas sebagai tempat penyimpanan bandul jam. Keunikan jam gadang dapat pula dilihat dari angka jam. Bila angka 4 dalam angka romawi ditulis IV, sedangkan jam gadang ditulis IIII. Hal yang tidak akan ditemukan dilokasi lain selain jam Gadang.

Baca juga:  Barusen Ciwidey, Destinasi Wisata Bandung Terbaru
  1. Kepulauan Mentawai

Nama kepulauan indah dan menawan di Sumatera Barat ini memang sudah sangat populer bahkan go internasional. mengapa? Karena pesona alamnya yang sangat luar biasa, bahkan surga bagi para peselancar. Tercatat terdapat 400 titik surfing disini loh, dari ombak sedang hingga paling menantang. Keren bukan? Kepulauan Mentawai sendiri mempunyai 4 pulau besar yakni pulau Sipora, Siberut, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Pulau terbesar diantara 4 pulau ini adalah pulau Siberut. Siberut juga satu-satunya pulau yang memiliki layanan pelayaran reguler penghubung Siberut dan pulau Sumatera terutama Padang. Pulau ini juga jadi pusat administrasi Mentawai.

  1. Pantai Padang ‘Nan Rancak Bana’

Selain Mentawai, Sumatra Barat masih memiliki pantai Padang dengan pesona cantik nan rupawan. Karena dekat dengan pusat kota, pantai Padang cukup mudah dijangkau. Ombak yang ada juga cukup menantang bagi para peselancar. Menikmati keindahan pantai sambil berfoto jadi kegiatan seru selama dipantai karena ombaknya cukup kuat, harus berhati-hati bila ingin bermain air.

Dari kelima destinasi wisata tadi, dapat disimpulkan bahwa potensi wisata Sumatra Barat sangat beragam. Mulai dari wisata alam, buatan hingga wisata edukasi sejarah. Potensi ini jelas membuat wisatawan lokal maupun asing selalu memadati Sumatra Barat. Nah dari kelima tempat wisata di Sumatera Barat terbaru tadi, manakah yang ingin kalian kunjungi terlebih dahulu?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.