5 Tempat Wisata Asyik Di Boyolali Yang Patut Dikunjungi

Boyolali merupakan sebuah kabupaten penghasil susu murni yang terletak di Jawa Tengah. Selain susu, Boyolali juga dipercaya sebagai pengahasil sayur terbaik berkualitas, khususnya kawasan Cempago dan Selo. Wisata Boyolali juga tidak kalah dengan jogjakarta maupun magelang, kabupaten yang diapit oleh dua gunung merapi ini memiliki pemandangan alam yang indah dan memukau. Berikut beberapa Wisata Boyolali Terbaru yang patut untuk dikunjungi.

  1. Kampung Air Kragilan

Dulunya, Kampoeng Air Kragilan Kragilan Kabupaten Boyolali Jawa Tengah merupakan sebuah sungai yang digunakan warga untuk mandi dan mck. Lalu kemudian dirombak menjadi objek wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena keindahannya. Kampung air ini terletak tidak begitu jauh dari jalan raya Solo-Semarang. Pengelola menyediakan kolam penampungan untuk kolam renang anak-anak, terdapat gazebo-gazebo sebagai tempat melepas penat, mini zoo, arean permainan anak-anak, serta rumah batu yang diilhami oleh Harry Potter.

  1. Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo terletak di jalur pendakian gunung merapi Selo, Boyolali. Salah satu yang diunggulkan di oemah ini adalah menara yang terbuat dari bambu. Dinamakan Oemah Bamboo karena dibangun dengan menggunakan bambu sehinga terlihat lebih artistik. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam New Selo dari puncak menara kayu tersebut. Lokasi Oemah Bamboo berada pada ketinggi 1700 mdpl, membuat udara sekitar cukup sejuk, ditambah dengan banyak pepohonan hijau yang berada di sekitar New Selo. Tiket masuk Oemah Bamboo hanya 10.000 rupiah per orang.

  1. Taman Air Tlatar

Terletak di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali. Taman Air Tlatar sekilas mirip taman air ala korea. Dimana pemandiannya berasal dari dua umbul, yakni Pengilon dan Asem. Selain berenang, tempat ini juga menyediakan sepeda air yang bisa digunakan sambil menikmati keindahan sekitar yang masih asri, serta ATV untuk keliling taman. Objek Wisata Tlatar juga menyediakan rumah makan terapung, yang menyediakan berbagai makanan segar. Air terjun mini dan taman hijau merupakan salah satu spot foto yang instagrammable dan sayang untuk dilewatkan.

Baca juga:  Lubang Kalam Sawahlunto - Wisata Sejarah Yang Wajib Anda Kunjungi
  1. Vihara Veluvana

Terletak di kompleks SMK Pembangunan, Dukuh Ngelo, Desa Kaligentong, Kecamatan Ampel, Boyolali. Vihara Veluvana merupakan bangunan pagoda umat agama Budha. Bangunan ini merupakan aset institut Ilmu Agama Budha, yang mahasiswanya berasal dari berbagai penjuru dunia, seperti: Myanmar dan Thailand. Diperlukan izin terlebih dahulu jika ingin mengunjungi vihara tersebut, dan yang terpenting harus jaga sopan santun karena merupakan tempat ibadah.

  1. Agrowisata Sapi Perah

Terletak di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Agrowisata Sapi Perah merupakan tempat tumbuh kembang sapi perah, dengan produktifitas susu berkualitas tinggi. Wisatawan dapat langsung menikmati susu segar yang telah disediakan oleh pemilik warung yang ada di sekitar. Tersedia beragam olahan susu, baik yang hangat ataupun dingin. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat proses pemerahan susu sapi. Eduwisata ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti: mushola, kamar mandi, penginapan dan lain-lain.

  1. Pemandian Umbul Pengging

Merupakan kompleks pemandian peninggalan sunan Surakarta, berlokasi di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Terdapat tiga macam kolam pemandian di Umbul Pengging, yakni: Umbul Temantem; berbentuk persegi panjang dan memiliki kedalaman sekitar 50-170 cm, Umbul Ngabean; berbentuk bulat dan memiliki kedalaman air sekitar 150 cm, serta Umbul Sungsang yang tidak kalah menarik. Selain kesejukan air dan keindahan taman yang ada, para wisatawan juga dapat mengikuti tradisi kungkum (berendam) yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat.

  1. Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Kebun Raya Indrokilo akan dibangun sebagai lokasi konservasi tumbuhan sekaligus sebagai hiburan rakyat. Kebun ini diharapkan menjadi tempat penyelamatan tumbuh-tumbuhan yang mulai terancam keberadaannya. Mengingat Boyolali adalah sebuah kabupaten yang berkomitmen penuh dalam menyelamatkan lingkungan.  Kebun ini juga dilengkapi dengan bangunan artistik Mahesa Jenar setinggi 30 meter untuk menarik perhatian pengunjung. Kebun raya ini terletak di Gunungsari, kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Kebun Raya Indrokilo Kemiri merupakan Wisata Boyolali Terbaru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.