5 Taman Wisata Menarik Di Kaliurang Kabupaten Sleman

Taman wisata merupakan suatu kawasan yang dikelola dan dijadikan sebagai tempat wisata untuk berlibur maupun rekreasi bersama keluarga. Taman biasanya didesain sedemikian rupa berdasarkan ide, konsep, dan tujuan dari dibuatnya taman tersebut. Biasanya nama yang dicantumkan berkaitan erat dengan konsep yang dirancang.

Kaliurang yang terkenal dengan hawanya yang sejuk dan dingin turut menghadirkan beberapa pilihan taman wisata yang menarik di hati dan wajib kita datangi ketika berkunjung di daerah ini. Berikut ini kami beri ulasan tentang 5 taman wisata di Kaliurang Kabupaten Sleman yang bisa menjadi alternatif anda menikmati liburan:

  1. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park | Sumber: javaexotictour.co.id

The World Landmark Merapi Park merupakan tempat wisata baru di kawasan wisata Kaliurang yang terletak di Jalan Kaliurang KM. 22, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Namun, meskipun baru tempat wisata ini mampu menyedot banyak pengunjung apalagi dibantu dengan promosi para pengunjung melalui sosial media.

Tak perlu jauh-jauh bagi yang mempunyai impian keliling dunia, kita pun bisa merasakan sensasi keliling dunia di tempat ini. Kita bisa menyaksikan bangunan keajaiban dunia seperti Menara Eiffel dari Paris, Bradenburg Gate Berlin, Big Ben London, Pagoda, New York Love Sculpture, tokoh kartun Masha and The Bear, Telephone Box dan Post Office Box London, Patung Liberty dari New York, Menara Pisa dari Roma, Kincir angin khas Belanda, dan air mancur dihadirkan di taman ini.

Cukup membayar tiket Rp 20.000 per orang kita sudah bisa sepuasnya melihat berbagai macam bangunan keajaiban dunia sekaligus berfoto seolah kita berada di tempat yang asli. Selain berfoto, kita juga bisa menikmati sore dengan ngobrol santai maupun sekedar berburu angin segar di tempat ini. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap seperti mushola, toilet, dan gazebo untuk duduk dan berteduh tersedia di sini. Menarik bukan?

  1. Taman Lampion Kaliurang

Taman Lampion Kaliurang

Taman Lampion Kaliurang | Sumber: hargatiketmasuk.info

Taman Lampion Kaliurang terletak di Bukit Turgo, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman yang setiap tahunnya menghadirkan keindahan kelap-kelip cahaya LED dan lampion dengan berbagai tema. Taman ini didesain khusus sebagai alternatif wisata malam di Kaliurang.

Liburan bersama teman dan keluarga pun akan lebih berkesan dan cukup dengan membayar Rp 25.000 ketika weekday dan Rp 30.000 ketika weekend. Sayangnya, kita tidak bisa menikmati taman ini setiap hari karena festival of light di taman ini hanya dihadirkan di waktu tertentu selama 30-45 hari saja. Sehingga kita harus rajin-rajin untuk update informasi kapan event festival of light diadakan karena akan sangat disayangkan jika ketinggalan menghadiri festival of light di Taman Lampion Kaliurang ini.

  1. Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM)

Taman ini terletak di lereng Gunung Merapi sehingga kita akan merasakan udara yang sangat sejuk dan nyaman ketika berkunjung ke tempat ini. Taman ini dikelola untuk melindungi sumber-sumber air dan sungai yang menjadi sumber kehidupan masyarakat di Kabupaten Sleman.

Baca juga:  Inilah Losmen Murah di Jogja Dekat Malioboro

Taman ini sebagian besar tertutup oleh hutan pegunungan tropis dan masih banyak spesies kehidupan liar seperti macan tutul, babi hutan, rusa, elang, dan beberapa jenis ular bisa kita temukan di sini.

Untuk menuju tempat ini cukup mudah karena cukup menyusuri sepanjang Jalan Kaliurang ke arah utara sampai menemukan tempat ini di daerah paling ujung utara. Di taman ini kita bisa melihat beberapa panorama keindahan alam seperti Gunung Merapi, Taman Wisata Plawangan Turgo, dan kawasan wisata Tlogo Putri yang mana kita bisa menyaksikan salah satu keindahan air terjun di sini.

  1. Taman Kaliurang

Taman Kaliurang ini terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman yang sangat cocok menjadi pilihan wisata untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga atau sekedar menikmati sore setiap hari.

Taman Kaliurang merupakan sebuah taman bermain untuk anak-anak dan keluarga yang menyediakan berbagai wahana permainan anak seperti ayunan, perosotan, dan permainan lainnya. Taman ini dihiasi dengan pohon-pohon yang besar dan sangat rindang yang sangat cocok untuk menggelar tikar di bawahnya dan menyantap makanan bersama keluarga.

Lokasi taman ini cukup dekat dengan gardu pandang dan dari kejauhan sudah terpampang tulisan besar “TAMAN KALIURANG” sehingga sangat mudah menemukan tempat ini. Berpiknik bersama keluarga di sini pun tak perlu mahal karena tak dipungut biaya masuk dan kita bisa bebas menikmati pemandangan serta udara sejuk di sini.

  1. Taman Wisata Plawangan Turgo

Taman Wisata Plawangan Turgo merupakan salah satu tempat wisata di Kaliurang yang sangat cocok bagi para pecinta alam dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi. Pemandangan di taman ini sangat indah dengan menyuguhkan hutan tropis dan bebatuan hasil letusan Gunung Merapi yang konon katanya sudah berusia kurang lebih 40.000 tahun atau sekitar 400 abad.

Masih banyak monyet-monyet yang tinggal dan berkeliaran di tempat wisata ini, namun tenang saja karena mereka bukanlah pengganggu. Terdapat Goa Jepang yang menjadi tempat tinggal dan perlindungan tentara Jepang dari tentara sekutu di kawasan ini yang bisa kita kunjungi hanya sampai pukul 14.00 WIB saja.

Wilayah terdampak semburan awan panas Gunung Merapi pada tahun 1994 pun juga bisa kita lihat di taman ini. Taman ini buka dari pukul 09.00 -16.00 WIB dan harga tiket masuknya cukup murah yakni Rp 8.500 saja per orang.

Jadi, buat yang ingin berlibur ke Kaliurang jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke lima taman wisata di Kaliurang Kabupaten Sleman ini karena dijamin akan terbayar dengan semua keindahannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.