5 Destinasi Wisata Air Terjun Lombok Terindah

Rasanya tepat jika kita menyandingkan antara Lombok dengan pulau dewata Bali sebagai daerah yang memiliki Destinasi Wisata Alam terbaik di Indonesia. Kedua daerah ini telah diakui keindahan destinasinya oleh dunia dengan semakin banyaknya turis yang mengunjungi kedua daerah tersebut. Tetapi baik Bali maupun Lombok memiliki karakteristik wisata tersendiri yang mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara. Di daerah Lombok misalnya, terdapat banyak air terjun yang memiliki keindahan tersendiri, Wisata Lombok Air Terjun banyak terdapat di dalam hutan lindung di seluruh daerah Lombok, walaupun jauh dari keramaian Wisata Lombok Air Terjun tetap mampu menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mereka rela menempuh perjalanan yang tidak mudah agar dapat menikmati keindahan Air Terjun Lombok yang mempesona. Dari sekian banyak air terjun yang ada di daerah Lombok, berikut kami sajikan Wisata Lombok Air Terjun yang menjadi primadona para wisatawan.

  1. Air terjun Sendang Gile

Keindahan air terjun Lombok terpancar dari Air Terjun Sendang Gile yang memiliki ketinggian sekitar 35 m, ketika pertama kali menginjakkan kaki di kawasan air terjun ini anda akan disambut dengan jernihnya air terjun serta udara yang dingin. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk bermain air dan mandi di kawasan Wisata Lombok Air Terjun ini, eksotisme Air Terjun Sendang Gile semakin mempesona karena berada di antara pepohonan yang tumbuh berjajar. Air Terjun Sendang Gile dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan melalui jalur tracking menuju Gunung Rinjani, Tetapi ada satu tantangan Ketika anda ingin menikmati keelokan alam Air Terjun Sendang Gile, yaitu anda harus melewati 500 anak tangga yang akan mengarahkan anda menuju Air Terjun Sendang Gile. Tetapi kelelahan anda akan segera terbayar ketika menyaksikan keajaiban alam di tengah hutan menuju Puncak Rinjani ini.

  1. Air terjun Tiu pupas

Berada di sebuah Dusun Karang yaitu di daerah Genggelang, Kecamatan Gangga, Air Terjun Tiu Pupas akan mempesona anda dan membuat anda betah berlama-lama menikmati dinginnya Air Terjun Tiu Pupas yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan kolam dengan kedalaman 4 M serta luas 100 meter persegi. Nama Tiu Pupus memiliki sebuah makna yaitu genangan air dalam jumlah besar di sela-sela akar pohon. Hal ini mengisyaratkan bahwa Air Terjun Tiu Pupas adalah salah satu Wisata Lombok Air Terjun yang berada diantara rindangnya pepohonan, sehingga sampai saat ini tidak banyak pengunjung yang mengetahui adanya Air Terjun Tiu Pupas di kawasan Lombok. Karenanya, kawasan ini masih sangat asri dan alami. Oleh sebab itu sebagai seorang wisatawan yang baik, jangan pernah rusak kealamian Wisata Lombok Air Terjun ini dengan kebiasaan anda membuang sampah sembarangan.

  1. Air Terjun Tiu Kelep
Baca juga:  Mengunjungi Wisata Sejarah Benteng Somba Opu Makassar

Wisata Lombok Air Terjun selanjutnya adalah Air Terjun Tiu Kelep yang berada di kecamatan Bayan, Lombok Utara. Dengan ketinggian 42 meter air terjun ini memiliki curah air yang besar dan deras sehingga ketika anda berada di bawahnya akan membuat badan anda sedikit nyeri. Tetapi ada satu mitos yang berkembang mengenai air terjun ini, yaitu bagi mereka yang berani mandi di bawah guyuran Air Terjun Tiu Kelep, diyakini akan selalu awet muda. Percaya atau tidak setiap destinasi wisata pasti menyimpan cerita mistis di dalamnya.

  1. Air Terjun Batara Lejang

Wisata Lombok Air Terjun seakan tidak ada habisnya, setelah sebelumnya kita membahas mengenai Air Terjun Sendang Gile, sekarang kita akan membahas mengenai air terjun yang berada di hulu Air Terjun Sendang Gile, yaitu Air Terjun Batara lejang, sebuah kawasan wisata Air Terjun Lombok yang dimanfaatkan sebagai tempat relaksasi. Karena di Air Terjun ini terdapat sebuah sumber air panas yang sangat bagus untuk kesehatan.

  1. Air Terjun Tiu Teja

Objek Wisata Alam Lombok yang tidak boleh anda lewatkan berikutnya adalah Air Terjun Tiu Teja, kawasan wisata ini berada di desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. dengan ketinggian hampir 40 meter air terjun ini menyuguhkan pesona yang begitu indah karena karakteristik dari Air Terjun Tiu Teja, yaitu memiliki dua mata air yang berdampingan. Cobalah untuk mengunjungi Wisata Lombok Air Terjun ini pada pagi hari, karena sinar matahari pagi yang dipantulkan oleh Air Terjun Tiu Teja akan terlihat sangat indah, sungguh sangat disayangkan jika anda tidak bisa menyaksikan panorama menakjubkan tersebut.

 

Bercerita tentang Lombok dengan berbagai macam objek wisatanya tidak akan pernah ada habisnya, selalu ada hal baru yang dibahas ketika menyebut nama Lombok. Ragam objek wisata alam terdapat di daerah ini, air terjun salah satunya, sehingga banyak wisatawan yang menyebut bahwa Wisata Lombok Air Terjun adalah salah satu Wisata Air Terjun Terbaik yang ada di Indonesia. Jadi untuk anda para pecinta liburan tidak ada salahnya meluangkan waktu liburan anda untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata air terjun yang ada di daerah Lombok tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.