5 Aktifitas Menarik di Ketep Pass Magelang

Berada di ketinggian 1200 mdpl menjadikan Wisata Ketep Pass di Magelang cocok sebagai tempat untuk menikmati sunrise yang memikat. Apalagi ditemani secangkir teh hangat dan jagung bakar, ah damai betul negeri ini ternyata. Melihat Panorama dari Ketep Pass akan semakin terasa sempurna jika anda berkunjung bersama orang-orang terkasih.

Tapi, apa itu Ketep Pass?. Ketep Pass adalah obyek wisata alam yang mengkombinasikan antara liburan dan belajar. Selain dapat menikmati panorama gunung kembar dan hamparan hijau pegunungan, anda juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang gunung berapi. Obyek Wisata Magelang ini diresmikan oleh Presiden Megawati pada 17 Oktober 2002 dengan luas hampir 8.000 meter persegi. Selain itu, Ketep Pass juga dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, Ketep Volcano Theatre, Ketep Volcano Centre, Teropong, Ketep Pass Restaurant, area parkir yang luas dan musholla.

Wisata Ketep Pass di Magelang

Sumber: ksmtour.com

Terdapat beberapa aktifitas menarik yang bisa anda lakukan di Wisata Ketep Pass Magelang ini selain menikmati panorama indah yang ada, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menonton Film Dokumenter

Berbeda dengan obyek wisata Magelang lainnya, Ketep Pass menawarkan pilihan wisata yang edukatif. Di sini anda berkesempatan untuk menyaksikan dahsyatnya erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada 2010 silam. Anda dapat menyaksikan film ini di dalam Ketep Volcano Theatre dengan durasi sekitar 20 menit. Tidak ada syarat khusus untuk menikmati film ini, anda hanya perlu menunggu kuota penonton sebanyak 15 orang, setelah itu anda akan bebas menyaksikan film dokumentar.

  1. Meneropong

Tidak puas hanya menikmati panorama yang ada dari jarak jauh?. Jangan risau, pengelola setempat tahu keinginan anda. Mereka meyediakan tempat penyewaan teropong di Pelataran Panca Arga dan Gardu Pandang. Hanya dengan membayar Rp. 3.000,- saja, anda dapat menikmati kontur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara lebih jelas. Tidak hanya teropong, warga sekitar juga menyediakan binokuler untuk anda, cukup sediakan Rp. 3.000,- untuk penyewaan selama 20 menit dan Rp. 5.000,- untuk satu jam penyewaan. Destinasi wisata yang murah meriah bukan?.

  1. Menikmati Sunrise yang menawan

Keindahan sunrise yang memukau tentu tidak dapat anda nikmati dimana saja. Cobalah berkunjung ke Ketep Pass ini, mata anda akan dimanjakan dengan keelokan sunrise yang muncul dari sela-sela Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Seluruh wilayah Ketep Pass dapat anda jadikan tempat untuk menyaksikan sunrise yang menawan. Namun, ada beberapa spot yang paling cocok dijadikan tempat menikmati sunrise, yaitu area parkir sebelah utara dan pelataran Panca Arga. Untuk dapat menikmati sunrise yang benar-benar memukau, datanglah ke Ketep Pass dari bulan Juni hingga Agustus. Perhatikan kondisi cuaca, agar hasrat anda dapat terpenuhi secara sempurna.

  1. Hunting Foto

Hamparan panorama yang hijau berupa area pertanian warga yang membentuk kontur indah tentu sangat sayang jika tidak diabadikan oleh lensa kamera. Gugusan perbukitan dan gunung-gunung yang berdiri megah juga wajib anda dokumentasikan. Selain itu, aktivitas warga sekitar Ketep Pass ini juga menarik untuk dipotret, karena keasrian dan kearifan lokal yang ditawarkan akan sangat menggiurkan untuk dijepret.

  1. Belajar tentang Gunung Merapi

Inilah dia ciri khas dari Ketep Pass, selain menyajikan panorama yang tiada tara, di sini anda juga akan diajak untuk wisata edukasi dengan mempelajari seluk beluk Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Di samping itu, kamu juga diizinkan melihat koleksi apik tentang Gunung Merapi melalui stereoskop.

Baca juga:  Tantang Adrenalin Anda Dengan Mengunjungi 4 Destinasi Wisata Anti Mainstream Lombok Ini

Untuk mengunjungi tempat semenarik ini, anda tidak perlu menyediakan dana yang besar, Harga Tiket Masuk Ketep Pass sendiri hanya sekitar Rp. 7.500,-. Sedangkan untuk mencapai lokasi ini anda dapat mengambil Rute Ketep Pass Magelang dengan jalur Magelang-Muntilan-Blabak-Sawangan-Ketep. Selamat berlibur dan menikmati eksotisme alam Magelang di Ketep Pass yang menawan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.