20 Tempat Wisata Menarik Dan Hits Di Singkawang 2018

Kekayaan wisata Kota Singkawang sudah tidak diragukan lagi mulai dari wisata alam, budaya, dan wisata kota pun bisa kita temukan di sini. Keanekaragaman suku dan budaya di Kota Singkawang yang mana dihuni 3 etnis besar yakni Tionghoa, Dayak, dan Melayu ini menjadi nilai dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bagi yang penasaran ingin berwisata ke Singkawang, tak perlu ragu karena kita akan disuguhkan berbagai macam keindahan dan keunikan tempat-tempat wisata di sini.

Berikut 20 tempat wisata yang menarik dan hits di Kota Singkawang 2018:

  1. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura Singkawang - Tempat Wisata Yang Menarik Dan Hits Di Kota Singkawang 2018

Pantai Kura-Kura Singkawang | Sumber: irhamtaro.wordpress.com

Pantai kura-kura terletak di Kabupaten Bangkayang perbatasan Kota Singkawang. Mungkin banyak yang menyangka pantai ini dinamakan pantai kura-kura karena pasti terdapat banyak kura-kura di sana. Namun jangan salah, justru kita tidak bisa menemukan satu pun kura-kura di pantai ini. Kurang lebih membutuhkan waktu 3 jam dari Pontianak ke Tanjung Gundul untuk sampai di tempat ini. Namun, jika berangkat dari Singkawang hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Tiket masuk per orangnya cukup murah karena hanya berkisar Rp 15.000 per orang.

  1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang yang membentang sepanjang 3 km ini terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk mencapai tempat ini bisa ditempuh selama 20 menit dari pusat Kota Singkawang. Terdapat pusat informasi pariwisata, diskotik, tempat sewa perahu motor, sepeda air, pondok wisata, dan toko souvenir yang disediakan di sini. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 20.000 untuk hari libur per orangnya.

  1. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung terletak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan berdekatan dengan Teluk Mak Jantu dan jaraknya sekitar 186 km dari Pontianak. Pantai Batu Burung ini dulunya adalah sebongkah batu granit raksasa yang terletak agak jauh dari pantai yang ditempati banyak sekali burung-burung. Untuk memasuki wilayah pantai ini pun tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, namun untuk menikmati pemandangan indahnya kita harus menyewa sampan seharga Rp 15.000.

  1. Sinka Island Park

Sinka Island Park terletak di Jalan Malindo, Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat dan bisa ditempuh sekitar 3 jam dari Pontianak atau sekitar 30 menit dari Singkawang. Untuk menikmati pemandangan di pantai ini kita bisa menyewa delman atau kuda. Tersedia fasilitas seperti kolam renang, kios minuman dan makanan di sini. Dengan mengunjungi Sinka Island Park kita juga sekaligus mengunjungi Pulau Simping yang letaknya berdekatan dan dihubungkan dengan jembatan.

  1. Taman Bougenville

Taman Bougenville terletak di Desa Sijangkung tepatnya 6 km dari Kota Singkawang. Selaras dengan namanya, taman ini didominasi bunga bougenville (Bougenvillea Spectabilis) yang warna-warni dan terdapat sekitar 46 spesies bunga bougenville di taman ini. Namun kita juga bisa melihat tanaman lain seperti aglonema, antorium, anggrek dan tanaman buah seperti belimbing madu, alpukat madu, rambutan, dan durian. Untuk memasuki taman ini cukup dengan membayar Rp 10.000 dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

  1. Taman Chidayu

Taman Chidayu terletak di sebelah Taman Bukit Bougenville, tepatnya di Desa Sijangkung dengan jarak sekitar 6 km dari pusat Kota Singkawang. Nama Chidayu merupakan singkatan dari tiga suku besar yang berada di Kota Singkawang, yakni suku China, suku Dayak, dan juga suku Melayu. Berbagai jenis bunga dan tanaman buah dihadirkan di sini. Bahkan tersedia pula tempat pemancingan dan wahana permainan anak.

  1. Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang yang terletak di pinggir Sungai Singkawang tepatnya di Jalan Merdeka ini sangat cocok untuk bersantai dan berekreasi bersama teman-teman dan keluarga. Berbagai macam spesies burung bisa kita temukan di sini. Selain itu tempat ini cukup nyaman karena dilengkapi dengan fasilitas untuk berteduh dan menarik untuk foto-foto di sana.

  1. Taman Cahaya Madani

Taman Cahaya Madani sebelumnya bernama Taman Gayung Bersambut yang bermakna cahaya yang baik, kerukunan, dan keharmonisan yang telah didapatkan agar bisa ditingkatkan melalui adanya taman. Taman ini letaknya dekat dengan Kantor Walikota Singkawang dan Masjid Agung.

Banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk bersantai di tempat ini karena udaranya yang sejuk. Bahkan banyak yang datang ke tempat ini untuk berolahraga jogging dan berekreasi.

  1. Taman Cinta Pajintan

Taman Cinta Pajinta merupakan salah satu tempat wisata buatan yang sering digunakan untuk tempat bersantai dan rekreasi. Spot-spot untuk foto pun cukup menarik di tempat ini. Taman ini terletak di Kelurahan Pajintan, Singkawang bagian timur. Untuk menuju tempat ini cukup dengan membayar Rp 20.000 per orang.

  1. Taman Batu Belimbing

Taman Batu Belimbing ini terletak di daerah Nyarumkop, Singkawang Timur tepatnya di depan kantor Kecamatan Singkawang Timur. Disebut batu belimbing karena di taman ini terdapat sebuah bongkahan batu besar yang mirip dengan belimbing. Udara di tempat ini sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan.

  1. Danau Serantangan

Danau Serantangan merupakan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Singkawang Selatan yang berjarak 22 km dari Kota Singkawang. Luas danau ini sekitar 400 hektar dan biasanya dikunjungi pemancing mengingat banyaknya ikan di danau ini. Untuk melihat keindahan danau ini kita bisa menyusurinya dengan menggunakan perahu.

  1. Danau Tadaw Indah

Danau Tadaw Indah terkenal sebagai tempat pemancingan ikan air tawar yang dikelola oleh masyarakat Kelurahan Sedau. Memasuki tempat wisata ini kita cukup membayar biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil. Kemudian kita bisa menyewa alat pancing yang telah disediakan dengan menaiki perahu berkeliling danau ini. Pasti menarik sekali memancing sambil melihat pemandangan indah Danau Tadaw Indah yang seindah namanya.

  1. Air Terjun Eria

Air Terjun Eria berlokasi di Desa Nyarumkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, provinsi Kalimantan Barat dan berjarak tempuh sekitar 30 menit dari kota Singkawang. Namun sayang kondisi jalan menuju tempat ini belum mulus dan masih banyak bebatuan dan harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Pemandangan di air terjun ini sungguh indah dan menakjubkan sehingga semua kesulitan menuju tempat ini bisa terbayar.

  1. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe terletak di Dusun Sibohe, Desa Pejintan, Kecamatan Singkawang Timur dan berada di pemukiman penduduk bersama-sama kolam renang bidadari. Keindahan air terjun ini menjadi daya tarik wisata bagi para pengunjung. Terdapat batu dan akar pohon setinggi 9 m yang membuat pemandangan di tempat ini semakin indah apalagi ketika pukul 13.00 sinar matahari masuk ke kolam tersebut dan memunculkan warna merah yang indah.

  1. Masjid Raya Singkawang

Masjid Raya Singkawang merupakan masjid tertua yang terletak di Kota Singkawang dan menjadi kebanggaan masyarakat muslim di sana. Ketika malam hari masjid ini nampak lebih indah dengan pancaran lampu-lampunya. Masjid megah ini memiliki 1 kubah dan 4 menara yang mengelilinginya. Tempat ini tentu saja bisa menjadi alternatif wisata religi bagi yang berkunjung ke Kota Siingkawang.

  1. Tugu Naga Singkawang

Sesuai dengan namanya, tugu ini memiliki patung naga yang melilitnya. Lokasi tugu naga ini adalah di Jalan Niaga, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Tentu saja tugu naga ini memiliki ciri khas dan sangat bagus untuk dijadikan spot foto sebagai kenang-kenangan bahwa telah pernah berkunjung ke Singkawang.

  1. Bunderan 1001 AI

Bundaran 1001 AI yang terletak di pertigaan Jalan Ahmad Yani, Jalan Tani, dan Jalan Padang Pasir ini semakin mempercantik kota ditambah terdapatnya air mancur di puncak tugu tersebut. Kita bisa  berfoto atau hanya sekedar menikmati indahnya malam di Kota Singkawang bersama teman maupun keluarga.

  1. Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam terletak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat dan lokasinya pun tidak jauh dari pantai. Dari atas bukit, kita bisa melihat Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Pendek, Pantai Tanjung Bajau, Pulau Simping, Pulau Randayan, dan Pulau Kabung. Untuk menikmati pemandangan ini pengunjung bisa melihat ke arah bagian kanan pantai dan terdapat gazebo yang di bangun untuk pengunjung. Selain itu ditanami pula berbagai macam tanaman bunga.

  1. Cagar Alam Raya Pasi

Cagar Alam Raya Pasi merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Sambas sekitar Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki fungsi sebagai penghasil oksigen dan fungsi hidrologi serta pelindung flora dan fauna di dalamnya. Kita bisa berlibur sekaligus melakukan kegiatan lintas alam, menikmati air terjun, dan memancing di waduk. Terdapat wisma, kolam renang, panggung hiburan, dan taman di sini.

  1. Waterboom Gunung Poteng

Wahana permainan ini terletak di Pajintan, Singkawang Timur dan merupakan wahana bermain terlengkap dan terbesar di Singkawang. Untuk menuju lokasi ini hanya butuh waktu 25 menit saja dari pusat kota. Selain keseruan bermain wahana kita juga bisa menikmati pemandangan yang begitu indah karena view-nya yang berhadapan langsung dengan Gunung Poteng atau biasa disebut Gunung Jempol.

Baca juga:  2 Tempat Wisata Malam Favorit di Magelang

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya dan bisa jadi referensi untuk memilih tempat wisata menarik dan hits di kota Singkawang 2018.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.