2 Tempat Wisata Malam Favorit di Magelang

Untuk anda para penikmat suasana malam, tidak afdhol rasanya saat anda berada di Magelang jika tidak mengunjungi obyek wisata malam. Tidak sebanyak obyek wisata lainnya memang, namun tempat-tempat ini akan memberikan nuansa berbeda untuk anda nikmati. Berikut tempat yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat-sahabat anda di malam hari.

1. Alun-Alun Magelang

Tempat Wisata Malam di Magelang - Alun-Alun Magelang

Alun-Alun Magelang | Sumber: kitamuda.id

Wisata Malam Alun-Alun Magelang

Wisata Malam Alun-Alun Magelang | Sumber: metrojateng.com

Tempat wisata malam Magelang pertama yang wajib anda singgahi adalah Alun-Alun Magelang yang berada di pusat kota Magelang. Alun-alun ini berada di lokasi yang cukup strategis, ia berada tepat di tengah-tengah kota. Untuk menuju tempat ini pun terbilang mudah, karena berbagai angkutan umum kota akan melewati area ini. Di samping itu, para shopaholic tidak perlu bingung ketika berada di kawasan ini, karena Alun-Alun Magelang berada dekat dengan pusat perdagangan yang terletak di Jl. Pemuda kawasan Pecinan.

Selain itu, di sebelah Timur berdiri megah Matahari departement store dan Magelang Theatre, yang menjadi satu-satunya bioskop di sekitar Alun-Alun Magelang. Tempat ibadah pun mengelilingi Alun-Alun yang eksotis ini, di sisi utara ada Gereja untuk umat Kristiani, dan di sebelah barat ada salah satu Mesjid terbesar di Magelang, yang sering juga disebut dengan Kauman.

Melihat bangunan yang mengelilingi Tempat Wisata Malam di Magelang tersebut, tidak heran jika alun-alun Magelang disebut sebagai simbol kerukunan antar umat beragama, karena terdapat banyak termpat peribadatan untuk berbagai agama di sekitar kawasan itu.

Selain bersantai di alun-alun yang megah, anda juga dapat menikmati wisata sejarah dengan mengunjungi menara air bekas peninggalan Belanda yang berada tidak jauh dari alun-alun. Desain menara yang sangat unik menjadikannya sebagai salah satu ikon kota Magelang.

Sebelumnya Alun-Alun Magelang ini bukanlah kawasan yang bisa diakses oleh setiap orang, area tersebut hanya digunakan untuk acara-acara kenegaraan saja. Namun pada tahun 2002, pemerintah setempat berinisiatif membangun ulang alun-alun ini hingga ramah untuk semua kalangan dan bisa di kunjungi kapan pun, serta bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan publik.

Baca juga:  Menikmati Keindahan Wisata Pantai Cemara Lombok

2. Bukit Puthuk Setumbu

Tempat Wisata Malam di Magelang - Bukit Puthuk Setumbu

Bukit Puthuk Setumbu | Sumber:thespicerouteend.com

Tempat wisata malam Magelang berikutnya adalah Bukit Puthuk Setumbu. Lokasi ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan background Gunung Merapi dan Gunung Merabu. Dari atas bukit ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan kota Magelang di malam hari, juga keindahan Candi Borobudur yang diselimuti lautan kabut pada pagi hari.

Entah karena tempatnya yang tinggi, atau memang di sanalah spot terbaik, menyaksikan sunrise di tempat ini mempunyai daya tarik tersendiri dan memikat para wisatawan untuk datang lagi dan lagi ke lokasi tersebut. Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan para turis mancanegara betah datang berulang kali ke Bukit Puthuk Setumbu ini hanya untuk menyaksikan keagungan alam yang luar biasa.

Agar tidak ketinggalan moment berharga ini, anda sebaiknya mendaki bukit dengan ketinggian 400 mdpl tersebut pada sore harinya dan berkemah di atas bukit. Karena waktu terbaik menyaksikan sunrise adalah sebelum pukul 05.00 WIB. Cukup dengan tracking selama 15 menit anda akan sampai ditempat tujuan anda, dengan menggunakan rute berupa jalan makadam dan jalan tanah.

Lelahnya tracking yang anda lalui akan terbayar dengan pemandangan indah yang menakjubkan, yaitu saat matahari muncul di sela-sela pegunungan. Namun, untuk anda yang tidak kuat tracking menuju puncak bukit, anda tetap dapat menikmati keelokan sunrise dari gazebo-gazebo yang banyak disediakan di sekitar lokasi parkir.

Demikianlah 2 tempat wisata malam Magelang yang bagus untuk anda kunjungi, nikmatilah setiap perjalanan anda dari pagi hingga malam di Kota Magelang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.