17 Tempat Wisata di Palu Yang Patut Dikunjungi

Palu merupakan sebuah kota yang terletak di bagian timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Sulawesi Tengah. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat, dan di sebelah timur terdapat Kabupaten Parigi Muotong, sedangkan di sebelah selatan dibatasi oleh Kabupaten Sigi. Palu memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap, seperti: pegunungan, lautan, lembah, sungai, dan teluk. Adapun 17 Tempat Wisata Di Palu yang patut dikunjungi, adalah:

1. Pusentasi Laut Donggala

Pusentasi berlokasi di desa Towale, letaknya sekitar 12 km dari pusat Kota Palu. Pusentasi adalah pusar air laut yang membentuk goa hingga dapat terlihat ke permukaan tanah.

2. Pantai Talise

Talise merupakan salah satu pantai populer di Kota Palu. Berlokasi di pusat kota menjadikan pantai ini sebagai alternatif Wisata Kota Palu yang murah meriah bagi masyarakat sekitar.

3. Jembatan Palu

Jika berkunjung ke Palu, jangan lupa mengunjungi Jembatan Palu yang indah. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2006. Pengunjung dapat menikmati pemandangan jembatan Palu dari pinggir sungai sambil menyantap makanan khas Palu.

4. Gunung Gawalise

Gunung Gawalise memiliki ketinggian 2.023 mdpl. Di puncah gunung Gawalise, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Palu dan juga hamparan laut yang membentang luas.

5. Cagar Alam Morowali

Berjarak 600 kilometer dari kota Palu, Cagar Alam Morowali membentang di 2 kabupaten, yakni: Poso dan Morowali. Pengunjung dapat menikmati hutan perawan, desa yang masih asri, hamparan sabana, serta danau-danau kecil yang mempesona.

6. Pantai Tanjung Karang Donggala

Wisata Tanjung Karang terkenal dengan pantai pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini memiliki ombak kecil, sehingga aman untuk berenang ataupun snorkeling untuk melihat indahnya biota laut. Untuk menuju ke Pantai Tanjung Karang Donggala diperlukan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

7. Taman Nasional Lore Lindu

Berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Palu. Taman Nasional Lore Lindu memiliki flora dan fauna endemik Sulawesi. Salah satu hewan yang dapat anda temui, adalah: anoa, babirusa, rusa, kera hantu, kera kakaktonkea, kuskus marsupial, dan musang selawsi. Di sekitar kawasan ini juga terdapat Danau Lewuto yang mempesona.

8. Tugu Perdamaian

Tugu Perdamaian berlokasi di bukit Jabal Nur, memiliki ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut. Terdapat Gong Nusantara disamping Tugu Perdamaian, dengan diameter 2 meter dan berat 180 kilogram.

Baca juga:  Keelokan Danau Kaolin di Bangka Belitung

9. Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terluas ketiga yang ada di Indonesia. Dengan luas 32 km x 16 km danau ini hampir mirip sebuah teluk, mengingat Teluk Palu Potensi Wisata Yang Tersembunyi. Berlokasi di Kecamatan Pamona Utara, Palu.

10. Wisata Kepulauan Togean

Kepulauan togean memiliki wisata bawah laut yang sangat indah. Berlokasi di Kecamatan Tojo UnaUna, palu. Butuh waktu sekitar 4 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke tempat ini.

11. Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri tidak kalah indah dengan kepulauan Togean. Berlokasi di teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Kaya akan biota laut menjadikan Pulau Kadidiri ramai dikunjungi wisatawan, khususnya pecinta aktifitas air.

12. Danau Sibili

Berjarak sekitar 24 km dari Kota Palu, tepatnya di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Palu. Danau ini memiliki beberapa spesies ikan, seperti: ikan bawal, mujaer, gabus dan lain sebagainya, pengunjung dapat memancing di sekitar danau dan bersantai dengan menggunakan perahu tradisional yang disewakan oleh penduduk setempat.

13. Masjid Apung Argam Bab al-Rahman

Masjid ini memiliki luas sekitar 121 meter persegi dan mampu menampung jamaah hingga 150 orang. Selain digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, masjid ini juga memiliki panorama bentang pegunungan dan Teluk Palu yang indah.

14. Museum Sulawesi Tengah

Merupakan museum terbesar di Sulawesi Tengah. Museum ini memiliki aneka replika baju adat dari semua kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah, sejarah Sulawesi Tengah dan lain sebagainya. Salah satu yang menarik dari museum ini adalah terdapat batu megalit yang berbentuk manusia, dimana bentuknya hampir mirip dengan batu megalit yang ada di Pulau paskah, Samudra Pasifik.

15. Pantai Taman Ria

Salah satu wisata andalan Kota Palu adalah Pantai Taman Ria. Memiliki pemandangan bahari yang indah sehingga sering dikunjungi oleh wisatawan. Di pantai ini juga dapat melihat sunset yang indah.

16. Jembatan Gantung Tatanga

Meski tampak sederhana, jembatan gantung menawarkan pemandangan alam yang indah. Merupakan jembatan penghubung dua kelurahan yang terpisah oleh sungai Palu. Berfoto dengan background jembatan dan pemandangan sakitar menjadi menjadi hal yang menyenangkan bagi pengunjung.

17. Banua Mbaso (Sou Raja)

Sou Raja merupakan rumah bangsawan di Palu, dibangun dengan menggunakan kayu ulin dan atapnya selalu berbentuk segitiga. Sou Raja terletak di Desa Lere, Palu Selatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.