12 Tempat Wisata Terbaik Di Finlandia Yang Wajib Dikunjungi

Negara Finlandia merupakan salah satu negara di Benua Eropa yang letaknya paling timur di wilayah Semenanjung Skandinavia. Negara ini berbatasan dengan Rusia di sebelah timur, dengan Norwegia di sebelah utara, dengan Swedia di sebelah barat, dan dengan Teluk Finlandia di sebelah timur. Finlandia terkenal sebagai negara dengan pendidikan yang sangat baik. Tak heran banyak yang berbondong-bondong untuk menempuh pendidikan tinggi di Finlandia. Namun, selain itu juga terdapat tempat-tempat wisata terbaik di Finlandia yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini tempat-tempat wisata tersebut yang bisa dijadikan referensi untuk berlibur.

  1. Aland

Aland merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Finlandia. Aland terdiri dari beberapa pulau besar dan 10.000 pulau kecil di kepulauan ini. Secara geografis, Kepulauan Aland merupakan kawasan kepulauan otonom yang berada di antara Finlandia dan Swedia. Obyek wisata menarik di sini, di antaranya adalah Museum Kapal Pommern, Museum Bahara, Museum Jan Karls Garden di Kastelholm, dan Museum Maritim di Mariehamn. Selain tempat-tempat wisata berupa museum yang mengenalkan tentang sejarah, kita juga akan disuguhkan panorama dan keindahan alam yang masih asri di sini. Untuk mencapai lokasi ini kita harus naik pesawat dari Stockholm.

 

  1. Helsinki

Helsinki merupakan ibukota dari Negara Finlandia dan merupakan kota utama di Provinsi Uusimaa (Nyland). Kita dapat mengunjungi beberapa obyek wisata berupa museum seperti Museum Kota Helsinki, Museum Nasional Finlandia, dan Galeri Seni Finlandia. Seringkali diadakan pameran seni baik klasik maupun modern yang bisa kita saksikan di kota ini. Kita juga bisa menemukan dan melihat beberapa peninggalan bangunan masa lampau di Helsinki ini.

 

  1. Northern Lights

Melihat keindahan aurora yang berwarna hijau secara langsung dan jarang muncul di bumi tentu menjadi impian bagi sebagian orang. Kita bisa menyaksikannya di Lapland, Finlandia ketika bulan Maret sampai dengan April. Keindahan Northern Lights ini sering menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Apalagi akomodasi berupa hotel serta penginapan tersedia di sini.

 

  1. Oulu

Oulu berlokasi di utara Teluk Bothnia dan selalu ramai dikunjungi wisatawan apalagi ketika musim semi karena akan banyak acara olahraga yang diadakan seperti lomba ski. Kita bisa mengunjungi Tietomaa Science Center yang berada di sebelah timur Oulu Botanic Garden. Di lokasi ini terdapat sebuah pasar yaitu Market Square yang menjajakan kuliner khas Finlandia dan makanan tradisional dengan harga yang terjangkau.

 

  1. Hameenlinna

Kota ini berada di kawasan Danau Vanajavesi dan didirikan oleh Gubernur Swedia Pre Brahe pada tahun 1639. Di bagian selatan Hameenlinna kita bisa menemukan Bukit Hattelmala. Yang menjadi ciri khas tempat ini adalah adanya kastil bata merah yang terdapat di Aulanko Park. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi Market Square atau Kauppatori, balai kota di selatan alun-alun, dan Hammenlinna Historical Museum yang lokasinya dekat dengan Taman Nasional Hammenlinna, serta kastil tepi Vanajavesi.

 

  1. Jyvaskyla

Jyvaskyla merupakan sebuah kota kecil yang didirikan oleh Tsar Nicholas 1 pada tahun 1837 yang berperan sebagai pusat budaya dan administrasi, serta persimpangan lalu lintas. Selain itu, kota ini juga merupakan pusat indsutri logam yang disibukkan dengan berbagai kegiatan perdagangan. Beberapa obyek wisata yang bisa kita kunjunga di kota ini di antaranya adalah Monumen penulis Finlandia yang bernama Minna Canth, pelabuhan, bangunan tua, teater seni, dan festival budaya tahunan di bulan Juni.

Baca juga:  Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Rusia

 

  1. Tampere

Tampere disebut-sebut sebagai kota paling indah di Finlandia karena letaknya yang cukup strategis di antara dua danau yaitu Danau Nasijarvi dan Danau Phyhajarvi. Di tempat ini sering ditampilkan teater terbuka dan juga festival budaya yang biasanya bisa kita saksikan di Museum Lenin, Municipal Library, serta lokasi hiburan berupa taman dan danau di Sarkanniemi. Kita bisa melihat sebuah desa tua Ruovesi dan Virrat yang memiliki bangunan-bangunan khas Finlandia, sebuah jalur untuk kapal motor Silverline, dan kapal uap kuno.

 

  1. Lemmenjoki National Park

Lemmenjoki National Park merupakan taman terbesar dan terluas di Daratan Eropa. Sepanjang perjalanan sekitar beratus-ratus mil bisa kita jelajahi dan kita akan banyak menjumpai tempat peristirahatan atau gubuk sewa dilengkapi api unggunnya. Kita juga bisa melihat Sungai Lemmenjoki yang mengalir ke lembah pepohonan pinus. Terdapat pula hewan langka sepert beruang cokelat, elang, serigal, dan juga rusa bisa kita temukan di sini.

 

  1. Danau Simaa dan Savonlinna

Danau Simaa merupakan salah satu danau yang mendominasi wilayah perairan dengan pulau yang banyak ditumbuhi hutan pinus dan bahkan danau ini memiliki julukan danau seribu pulau. Sedangkan Savolinna merupakan saha satu kota utama di Finlandia yang terkenal dengan resort serta spa liburannya. Kita bisa berkunjung ke Castle Olavinlinna, Retretti paling besar di negara nordik, Uusi Valamo, dan Lintula. Menyusuri Kanal Simaa ke Vyborg yang bermuara di Lut Baltik dengan menaiki kapal tentu menjadi pengalaman yang menarik.

 

  1. Archipelago National Park

Archipelago National Park merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki percampuran budaya antara Rusia, Finlandia, dan Swedia. Kita bisa melakukan perjalanan wisata dengan menaiki perahu layar maupun perahu motor. Kita bisa menangkap ikan trout besar sekaligus berkunjung ke beberapa tempat seperti Pulau Noto, Jurmo, Uto, Aspo, dan Houtskar.

 

  1. Rauma

Rauma terkenal dengan kerajinan renda yang berkualitas dan bahkan masuk ke dalam situs warisan dunia dari UNESCO sekaligus tempat ini merupakan pelabuhan tertua di Finlandia. Kita bisa melihat arsitektur kayu antik di kawasan ini. Bangunan-bangunan khas Finlandia pun juga bisa kita temukan di sini.

 

  1. Koli National Park

Koli National Park memiliki pemandangan alam yang begitu indah dan menjadi tempat peninggalan warisan budaya yang berusia lebih dari 250 tahun. Banyak tumbuhan dan hewan langka berhabitat di sini. Kita akan menjumpai hutan boreal, padang rumput, rawa, dataran rendh, hutan Fennoscandia, dan batu silikat yang menjadi daya tarik wisata.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.