10 Wisata Pantai Tulungagung Yang Wajib Dijelajahi

Letak Kabupaten Tulungagung yang berbatasan dengan Samudera Hindia tepatnya laut selatan Pulau Jawa menghadirkan kekayaan alam berupa pantai yang menjadi daya tarik wisata wilayah ini. Menyusuri pesisir pantai selatan di wilayah Tulungagung ini tentu menjadi pengalaman yang menarik dan seru. Pantai-pantai di Tulungagung masih banyak yang asri dan alami karena belum banyak terjamah manusia. Bahkan akses untuk menuju ke beberapa pantai pun cukup sulit, namun semua akan terbayar dengan keindahannya. Yang perlu diingat jika bermain di pantai selatan adalah ombaknya yang tinggi dan besar, jadi sangat disarankan untuk tidak berenang bebas di pantai, cukup bermain di pinggir-pinggirnya saja. Berikut ini beberapa pantai yang bisa menjadi pilihanmu untuk berlibur ketika berkunjung ke Tulungagung:

  1. Pantai Molang

Pantai Molang terletak di paling ujung timur deretan pantai yang membentang di wilayah Kabupaten Tulungagung.  Pantai berpasir putih ini terkenal bersih dan masih asri sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur dan mencari ketenangan dari hiruk pikuknya kota. Lokasi pantai ini berada di Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar. Akses menuju lokasi pantai ini juga cukup mudah karena jalanan sudah diaspal walaupun di beberapa titik terdapat jalan yang rusak. Berada di pantai ini kita bisa menyaksikan pesona ombak dan birunya air laut, batu karang yang berada di pinggir pantai, serta tebing-tebing besar di sisi samping. Selain itu, berlibur di pantai ini juga sangat cocok untuk camping dan berburu sunset. Kabar baiknya lagi untuk memasuki kawasan pantai ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

 

  1. Pantai Glogok

Pantai ini bisa dibilang cukup unik dan masih asing karena belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini. Pantai yang terletak di Pucanglaban, Tulungagung ini berbatasan dengan Pantai Molang tepat di sebelah barat Pantai Molang. Ketika air laut pasang, pasir putih yang menjadi salah satu keindahan pantai ini hampir tidak nampak karena tertutup air dan hanya tebing-tebing karang yang terlihat di tepian pantai. Sebaliknya ketika waktu surut, pasir pantai yang putih bersih menghampar dengan indahnya. Sangat disarankan untuk tidak turun ke pasir dan cukup melihat keindahan pantai ini dari atas tebing saja.

 

  1. Pantai Dlodo

Lokasi pantai ini berada di Desa Dlodo, Pucanglaban, Tulungagung yang jika ditarik garis lurus tepat berada di sebelah barat Pantai Glogok. Pantai Dlodo terkenal dengan ombaknya yang super dahsyat yang bisa mencapai 7 meter ketika hari normal, sedangkan bisa mencapai 10 sampai 12 meter ketika supermoon.  Pantai ini terbentang sepanjang 2 km dan merupakan pantai dengan garis bentang terpanjang di Tulungagung. Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama keindahan lainnya berupa gumuk pasir yang mirip dengan gumuk pasir Parangkusumo di Yogyakarta. Kita bisa menemukan rawa-rawa di sini yang berair bening bahkan warna pasir di pantai ini juga cukup unik yakni perpaduan antara pasir putih dan pasir hitam. Memasuki pantai ini pun hanya cukup dengan membayar parkir sebanyak Rp 5.000 saja.

 

  1. Pantai Sine

Pantai ini terkenal dengan ikannya yang murah-murah dan segar sehingga selain untuk liburan menikmati keindahan alam pantai, tempat ini juga cocok untuk wisata kuliner. Pantai ini cukup ramai pengunjung dan sudah menjadi perkampungan nelaya. Lokasi pantai ini terletak di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung dengan akses menuju pantai yang mudah dan jalanan yang bagus. Berbeda dengan pantai Dlodo, ombok di antai ini cukup landai dengan hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Kita pun masih bisa menemukan sumber mata air dan hutan yang masih alami di tempat ini. Selain itu, Pantai Sine memiliki julukan Pantai Matahari Terbit Tulungagung, jadi sangat cocok bagi pemburu sunrise untuk menikmati keindahan ketika matahari terbit di pantai ini. Harga tiket di pantai ini masih gratis dan cukup membayar biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

 

  1. Pantai Sanggar

Setelah Pantai Sine, tepat di sebelah baratnya kita akan menemukan pantai Sanggar. Lokasi pantai ini berada di Desa Jenggulungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung dengan akses jalan yang cukup sulit dan dapat ditempuh dengan jarak 30 km dari Kota Tulungagung. Untuk memasuki pantai ini sebenarnya tidak dipungut biaya, hanya saja biasanya ada warga sekitar yang meminta sumbangan sukarela untuk perbaikan fasilitas pariwisata di pantai ini. Pantai ini masih sangat bersih dan asri dengan bebatuan karang yang besar-besar, keindahan tebing, pasir putihnya, dan tanaman di sekitar bibir pantai. Jika menggunakan mobil sangat disarankan untuk parkir di Pantai Sine kemudian jalan kaki menuju pantai ini. Memasuki pantai ini pun tidak dipungut biaya.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Anak Di Bandung Paling Recommended 2018

 

  1. Pantai Patuk Gerbang

Pantai Patuk Gerbang masih satu kecamatan dengan Pantai Sanggar yakni berada di Kecamatan TanggungGunung. Pantai ini masih belum banyak diekspos sehingga masih sangat alami dan bersih. Pantai ini hanya dipisahkan dengan sebuah bukit dan bisa dilalui dengan jalan kaki. Sehingga banyak yang bilang pantai ini surga yang tersembunyi di balik bukit. Pantai Patuk Gerbang sangat cocok untuk camping ceria karena suasananya yang sangat tenang dan keindahan pantainya yang tidak bisa dipungkiri lagi. Spot yang paling indah untuk melihat pemandangan adalah di atas tebing karena kita akan bisa melihat pemandangan bibir pantai, batu karang, dan ombaknya yang berdeburan dari atas.

 

  1. Pantai Sioro

Belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini karena aksesnya yang masih sulit dengan kondisi jalannya yang masih berupa tanah dan belum diaspal. Mobil sangat tidak disarankan masuk ke wilayah ini karena akan sangat berbahaya. Tidak ada yang berjualan di sini sehingga masih sangat jarang pengunjung. Sehingga pantai ini pun masih sangat terjaga kebersihannya karena bebas dari sampah. Ciri khas pantai ini adalah terdapatnya sebuah batu besar yang menyerupai pulau dan berada di tengah-tengah pantai. Tebing-tebing yang menjulang juga menghiasi sekitar pantai. Secara geografis, lokasi pantai ini berada di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Tulung Agung. Sangat cocok bagi para pemburu sunset untuk mencari keindahan matahari terbenam di sini apalagi dilanjutkan bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda.

 

  1. Pantai Gerangan

Pantai ini cukup terkenal dan menjadi destinasi wisata favorit Tulungagung. Akses menuju tempat ini juga sudah sangat bagus dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti mushola, toilet, dan juga warung. Lokasinya pantai berada di Wonokoyo, Ngrejo, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga karena selain fasilitasnya cukup memadai, ombak di pantai ini tidak besar dan tenang karena berada di teluk sehingga aman jika ingin bermain-main di pinggir pantai. Kita juga masih bisa melihat ladang atau sawah serta pemukiman penduduk di sekitar pantai.  Selain itu terdapat pohon-pohon cemara yang menghiasi tepi pantai sehingga pantai ini terkesan teduh. Pantai ini memiliki campuran pasir putih danpasir hitam yang menghampar. Harga tiketnya pun gratis.

 

  1. Pantai Coro

Pantai indah tersembunyi lainnya yang merupakan kekayaan alam Tulungagung adalah Pantai Coro. Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya di Tulungagung, pantai ini menghadirkan keindahan alam berupa pasir putih, batu karang, birunya laut, dan tebing-tebing di sekeliling pantai.  Pantai ini lokasinya berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Menuju pantai ini harus sedikit berjuang karena untuk melihat keindahannya kita harus berjalan kaki sejauh 2 km dari tempat parkir. Aksesnya masih cukup sulit karena jalanannya masih berupa tanah dan tidak ada kendaraan umum menuju ke sini. Harga tiket masuknya pun murah hanya Rp 5.000 per orang dan ditambah biaya parkir untuk sepeda motor Rp 5.000 dan untuk mobil Rp 10.000.

 

  1. Pantai Popoh

Kalau ke Tulungagung jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Pantai Popoh karena pantai ini merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi di Tulungagung. Letaknya 30 km dari pusat kota tepatnya di Watulimo, Besole, Besuki, Tulungagung. Kita bisa melihat nyiur melambai pohon kelapa, hamparan pasir putih, dan tak ketinggalan wisata kulinernya yang terkenal enak. Akses menuju tempat ini sudah sangat bagus dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Selain airnya yang tenang, pantai ini dikelilingi gunung dan ombaknya pun tenang karena lokasinya berada di teluk. Harga tiket masuk cukup murah yaitu Rp 3.000 disertai biaya parkir Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.