10 Tempat Wisata Terbaru Di Kaliurang 2018

Kawasan wisata Kaliurang tak henti-hentinya tampil dengan wajah baru. Banyak sekali tempat-tempat wisata baru yang cukup menarik baik untuk spot foto maupun untuk tempat berlibur. Hal ini menjadikan Kaliurang menjadi destinasi favorit dan selalu ramai akan wisatawan. Keunikan dan pengelolaan yang baik oleh pemerintah dan warga setempat tentu menjadi faktor utama terealisasinya wajah baru yang menghiasi pariwisata di Kaliurang. Berikut 10 tempat wisata terbaru di Kaliurang 2018:

  1. The Lost World Castle

The Lost World Castle Kaliurang - Tempat Wisata Terbaru Di Kaliurang 2018

The Lost World Castle Kaliurang | Sumber: tourismpart.blogspot.com

Tempat wisata ini cukup unik dan terletak di kawasan lereng merapi. The Lost World Castle sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang unik dan instagramable. Kita bisa melihat bangunan yang mirip dengan Benteng Takeshi dan juga terdapat wahana-wahana yang memanfaatkan batu sisa erupsi.

The Lost World Castle terletak di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Karena dampak dahsyat erupsi 2006 silam kawasan ini tersapu bersih, sehingga pengelola menamakan tempat wisata baru ini dengan nama The Lost World Castle. Selain itu tersedia lukisan 3D trik yang cukup menarik untuk dijadikan latar foto.

  1. Stonehenge Cangkringan

Tempat wisata ini masih sangat baru dengan ciri khas terdapat bebatuan yang menjulang tinggi di kawasan wisata ini dan sekilas sangat mirip dengan stonehenge yang terdapat di London. Bebatuan yang ditata ini diambil dari bebatuan bekas erupsi tahun 2010.

Tempat wisata ini cukup ramai pengunjung apalagi anak muda karena di tempat ini kita bisa mengambil spot foto yang seolah seperti berada di stoneheng yang ada di London. Lokasi tempat wisata ini terdapat di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman dan cukup membayar Rp 5.000 untuk memasuki tempat ini.

  1. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park menghadirkan nuansa bangunan-bangunan dunia sehingga kita bisa merasakan sensasi keliling dunia ketika berada di tempat ini. Kita bisa melihat beberapa bangunan keajaiban dunia seperti Menara Eiffel dari Paris, Bradenburg Gate Berlin, Big Ben London, dan masih banyak lagi.

Tiket masuk per orang hanya Rp 20.000 dan kita sudah bisa sepuasnya melihat berbagai macam bangunan keajaiban dunia sekaligus berfoto seolah kita berada di tempat yang asli. Tentu saja tempat ini sangat cocok untuk spot foto dan kemudian upload di sosial media. Lokasi tempat wisata ini adalah di Jalan Kaliurang KM. 22, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

  1. Batu Alien Cangkringan

Harga tiket untuk memasuki kawasan Batu Alien Cangkringan ini cukup murah karena hanya dengan membayar Rp 5.000 per orang dan siapkan uang parkir Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Batu Alien Cangkringan ini terletak di Cangkringan, Kabupaten Sleman tepatnya di kawasan Jambu, Kepuharjo yang dulunya merupakan pemukiman penduduk namun tersapu habis karena erupsi.

Batu besar yang dinamakan batu alien karena aneh dan unik ini merupakan sisa ganasnya erupsi pada tahun 2010 lalu. Jika diperhatikan baik-baik batu ini mirip dengan wajah manusia sehingga banyak orang yang penasaran dan ingin melihat langsung batu alien ini.

  1. Festival of Light Bukit Turgo

Festival of Light di Bukit Turgo pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015 kemudian rutin setiap tahunnya sampai sekarang selalu diadakan dengan mengusung tema yang berbeda. Pada tahun 2015 mengusung tema “Jurassic & Romantic Garden Lantern”, tahun 2016 dengan tema “Dragon Castle”, tahun 2017 dengan tema “The Flower Garden”, dan terakhir pada tanggal 1 Desember 2017 – 7 Januari 2018 mengusung tema “ The Frozen” yang mana kita bisa merasakan sensasi salju di sini. Festival of Light juga dikenal dengan Taman Lampion Kaliurang dan terletak di Bukit Turgo, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Taman ini didesain khusus sebagai alternatif wisata malam di Kaliurang untuk liburan bersama teman dan keluarga apalagi hanya cukup dengan membayar Rp 25.000 ketika weekday dan Rp 30.000 ketika weekend. Akan tetapi, kita tidak bisa menikmati taman ini setiap hari karena festival of light di taman ini karena hanya dihadirkan di waktu tertentu saja dengan kurun waktu selama 30-45 hari saja. Namun tenang saja karena pihak pengelola pasti akan mengumumkan dan menyebar poster jika festival of light sudah akan dilaksanakan.

  1. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang yang dikenal sebagai desa alami asli ini berlokasi di Jalan Kaliurang km 19.2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Selain panorama alam sebagai potensi utamanya, kita juga bisa melihat aneka bentuk rumah khas Jawa berupa rumah-rumah joglo, simon, dan limasan dengan halaman yang cukup luas. Udara di desa ini sangat sejuk sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat berlibur.

  1. Blue Lagoon Jogja

Banyak orang mengenal Blue Lagoon sebagai Pemandian Tirta Budi. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Dalem, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemandangan di tempat ini sangat asri dan sejuk maka tak heran banyak pengunjung yang ingin menikmati kesejukan di tempat ini sambil bermain air.

Baca juga:  7 Rekomendasi Tempat Wisata Majalengka Terbaru

Tempat ini sebenarnya hanyalah sungai alam biasa, namun karena kejernihan dan kesejukan airnya menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan yang mencoba untuk berendam dan berenang di Blue Lagoon ini. Untuk memasuki kawasan ini cukup membayar tiket masuk Rp 3.000 dan biaya parkir Rp 2.000 saja.

  1. Bukit Klangon

Gardu pandang di Bukit Klangon yang letaknya di Glagaharjo, Cangkringan, Sleman ini kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena terdapat spot foto yang keren dengan berlatar belakang Gunung Merapi yang tampak begitu dekat.

Apalagi jika datang ketika pagi hari saat matahari beranjak naik maka akan tampak pemandangan yang menakjubkan mata. Selain untuk berfoto, kita juga bisa bersepeda dengan panjang trek 20 km yang biasanya bisa ditempuh dengan waktu 1, 5 jam. Harga tiketnya pun cukup murah karena hanya dengan membayar uang parkir Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

  1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem ini terletak di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman yang berhasil digali setelah tertimbun selama tiga tahun lebih oleh material akibat erupsi Gunung Merapi. Bunker ini digunakan sebagai tempat berlindung, bersembunyi, dan menyelamatkan diri yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kini bunker tersebut juga digunakan untuk tujuan pariwisata dan para wisatawan pun diperbolehkan masuk ke dalam bunker.

Bila ingin masuk kita bisa mendorong pintu besi yang terdapat di depan bunker dan di dalamnya kita akan menemukan satu ruang lapang yang bentuknya setengah lingkaran. Masih tampak bekas lahar erupsi yang sudah menjadi batu namun pemandangan di sekitar bunker ini sangat istimewa terlebih jika cuaca terang kita bisa melihat dengan jelas awan berarakan di langit.

  1. Wisata Edukasi Omah Salak

Wisata Edukasi Omah Salak ini menjadi salah satu wisata edukasi alternatif yang terdapat di Kabupaten Sleman. Seperti kita ketahui, salak pondoh merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Sleman sehingga hal ini mendorong pihak pengelola untuk menggarap wisata edukasi yang diberi nama Omah Salak.

Desa wisata ini terletak di Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman dan jika kita ke sana maka kita akan mendapatkan suasana yang begitu menyenangkan, sejuk dan asri, dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Tentunya selain para pengunjung yang mendapat manfaat dari kehadiran desa wisata ini, para petani salak pun semakin semangat untuk mengelola dan mengembangkan Omah Salak.

Selamat berlibur dan jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata terbaru di Kaliurang 2018 agar tidak ketinggalan untuk jadi anak hits dan jaman now.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.