10 Tempat Wisata Di Pemalang Untuk Pilihan Liburanmu

Pemalang mungkin masih kurang familiar di benak orang-orang sebagai tempat wisata. Pemalang merupakan sebuah kabupaten yang termasuk bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis, kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di Utara. Letaknya yang dekat dengan laut, membuat kabupaten ini memiliki salah satu daya tarik wisata berupa pantai. Selain itu, siapa sangka kabupaten ini juga memiliki daya tarik wisata lainnya berupa telaga, bukit, dan curug.

Berikut tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk liburanmu di Pemalang:

  1. Pantai Widuri

Lokasinya berada di Desa Widuri, namun masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan tlincing. Pantai ini memiliki cerita sejarah yang unik ketika itu ada seorang cantik jelita bernama Nyi Widuri yang hidup di desa tersebut. Konon katanya, terdapat jalan lurus dari alun-alun Kota Pemalang menuju Pantai Widuri yang dibuat seorang Patih bernama Patih Sampun. Selain hamparan pasir di pantai ini, kita juga bisa melihat pemandangan di pinggiran pantai berupa pohon-pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun. Fasilitas yang terdapat di pantai ini cukup lengkap dan menarik seperti tersedianya bangku dan payung, aneka ragam wisata kuliner, obyek wisata air, arena bermain anak-anak, panggung untuk pagelaran musik, lapangan tenis, dan sirkuit balap motor. Untuk memasuki pantai ini kita cukup membayar tarif Rp 3.000 per orang pada hari senin sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional dipatok Rp 5.000 per orang.

 

  1. Bukit Kukusan

Lokasinya berada di Jalan Raya Karangsari-Guci No. 6020, Desa Gambuhan, Polosari, Pemalang. Tempat ini menghadirkan spot-spot foto yang menarik sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini. Beberapa keunggulan tempat wisata ini di antaranya adalah kita bisa melihat keindahan Gunung Slamet dari bukit ini, pemandangan ketika malam hari juga tak kalah menarik apalagi jika kita mengambil foto milky way maka akan tampak bintang-bintang bertaburan di langit. Selain itu, dari atas bukit kita juga bisa melihat pemandangan terasering yang ditumbuhi tanaman padi dan akan nampak indah ketika sedang hijau-hijaunya. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya sebesar Rp 3.000 per orang, ditambah biaya parkir Rp 2.000 per motor, dan Rp 5.000 per mobil.

 

  1. Kalisuci Moga Pemalang

Lokasinya berada di Jalan Arum Dalu, Dusun Kali Buntu, Desa Moga, Kecamatan Moga, Pemalang dengan akses yang tidak terlalu mudah karena masih minim informasi dan minim petunjuk jalan untuk menuju ke sana. Pemandangan di tempat ini sangat indah dengan airnya yang sangat bening sehingga tak heran dinamakan kali suci karena masih sangat asri dengan dikelilingi pohon-pohon besar nan teduh. Banyak yang bilang tempat ini bagaikan tempat pemandian yang tersembunyi di balik pepohonan. Fasilitas yang tersedia cukup memadai di mana terdapat warung dan bilik tempat ganti baju untuk yang akan berenang. Memasuki tempat ini pun gratis dan hanya dikenai biaya Rp 2.000 untuk parkir.

 

  1. Widuri Waterpark

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso No.1, Widuri, Pemalang. Tempat ini menyediakan wahana wisata seperti waterboom dan permainan air lainnya. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak.  Beberapa wahana yang tersedia di antaranya adalah Spray Ground/Water Playground yang terdiri dari berbagai macam jenis seluncuran baik berupa terowongan maupun jalan yang diperciki seperti air hujan, Water Glider/Water Slides yang merupakan seluncuran dengan tinggi menara 11 meter dan berkelok-kelok seperti sensasi menaiki roller coster, Kolam Arus/Lazy Rivers yang disediakan bagi pengunjung yang ingin melakukan relaksasi dengan menaiki pelampung kemudian mereka akan dibawa mengitari area waterboom seolah seperti kapal yang sedang berlayar, dan Dermaga yang merupakan wahana yang dibuat memanjang hingga mencapai kurang lebih 250 meter ke arah laut dengan sensasi seperti berjalan di atas lautan. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah area parkir, mushola, kamar mandi, tempat makan, dan juga penginapan. Untuk memasuki kawasan ini kita cukup membayar Rp 15.000 per orang.

Baca juga:  Wisata Air Terjun Sikulikap Berastagi Sumatra Utara

 

  1. Telaga Jendul

Lokasinya berada di Desa Bodas, Pemalang, Jawa Tengah. Panorama keindahan yang ditawarkan berupa air telaga yang berwarna agak kehijau-hijauan ditambah udaranya yang sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan hijau di sekitarnya. Fasilitas umum seperti area parkir, mushola, kamar mandi, tempat makan, dan juga penginapan tersedia di sini. Sampai saat ini masih belum dipungut biaya untuk memasuki tempat wisata ini.

 

  1. Gunung Gajah

Lokasinya berada di Desa Gongseng, Randudongkal, Pemalang yang berjarak 35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung yang berdiri kokoh dengan ketinggian 1.100 mdpl ini memiliki bentuk yang unik yang mirip seekor gajah. Kita masih bisa melihat monyet-monyet yang bergelantungan di pohon-pohon di sekitar gunung ini. Tempat ini sangat asyik untuk berfoto karena disediakan beberapa spot yang menarik untuk mengambil gambar. Harga tiket masuk kawasan ini cukup murah yaitu hanya Rp 5.000 per orang.

 

  1. Arung Jeram PS Rafting Pemalang

Lokasinya berada di Jalan Kalimas, Desa Lodaya, Randudongkal, Pemalang. Bagi yang menyukai kegiatan anti mainstream yang mengacu adrenalin, tempat ini sangat cocok untuk menjadi pilihan menghabiskan liburan. Selain arung jeram, tersedia paket lainnya berupa outbond dan camping yang meliputi Flying Fox, Jembatan Crocodile, Spider Net, dan arus bola. Menariknya lagi, tempat ini juga menyediakan kolam pemancingan buat yang hobi mancing dan juga terdapat saung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Harga paket yang ditawarkan beragam mulai dari 100.000 – Rp 450.000 per orang.

 

  1. Curug Bengkawah

Lokasinya berada di Jalan Sikasur – Simpur, Sikasur, Belik, Pemalang, Jawa Tengah. Curug ini memiliki keunikan berupa terdapatnya dua air terjun yang bersampingan sehingga terkenal juga dengan nama Curug Kembar. Curug dengan ketinggian 20 meter dan kedalaman 3 meter ini masih sangat jernih dan tidak pernah kering. Harga tiket masuk ke curug ini sangatlah murah yaitu berkisar Rp 2.000 saja per orang.

 

  1. Curug Sejajar

Lokasinya berada di Desa Badak, Kecamatan Belik, Pemalang. Curug ini memiliki dua buah curug yang berdampingan namun jika dibandingkan dengan Curug Bengkawah, jarak di antara dua curug di curug sejajar ini lebih jauh. Selain pemandangan air terjun, kita juga bisa melihat view pematang sawah yang luas yang dikelilingi bukit di sekelilingnya. Uniknya curug ini seperti pintu gerbang menuju curug-curug yang lain, di antaranya adalah Curug Sered, Curug Prau, Curug Bawang, Curug Rukiah, Curug Dawa, Curug Payung, dan Curug Ambal Pitu. Untuk memasuki kawasan ini pun tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

 

  1. Curug Sidok

Lokasinya berada di Mandiraja, Moga, Pemalang. Untuk menuju curug ini harus sedikit berjuang dengan berjalan kaki sepanjang 300 m dari tempat parkir. Air terjun di curug ini memang tidak terlalu tinggi hanya berkisar 8 meter namun uniknya air terjun ini melebar dan terdapat lebih dari 1 air terjun yang berdampingan. Suasana yang akan kita rasakan ketika berada di tempat ini adalah sejuk karena curug ini dikelilingi pepohonan hijau nan rindang. Untuk memasuki tempat ini tidak dipungut biaya sama sekali dan hanya dikenakan parkir Rp 2.000 saja.

Demikian ulasan mengenai tempat-tempat wisata di Kabupaten Malang yang bisa menjadi pilihanmu untuk berlibur. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.