10 Rekomendasi Tempat Wisata Anak Di Bogor

Membahagiakan anak-anak dengan mengajaknya berlibur tentu menjadi salah satu agenda wajib bagi para orang tua. Namun, tak cukup wisata yang seru dengan berbagai macam permainan di dalamnya saja yang dibutuhkan. Tempat wisata tersebut sebisa mungkin harus membawa nilai edukasi yang akan disampaikan ke anak-anak. Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata anak di Bogor yang sangat cocok menjadi pilihan untuk mengaja anak-anak berlibur:

  1. Jungle Land Adventure Theme Park

Jungle Land Adventure Theme Park - Tempat Wisata Anak Di Bogor

Jungle Land Adventure Theme Park| Sumber: lihat.co.id

Lokasinya berada di Jalan Jungleland Boulevard No.1, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Dibuka dari pukul 10.00 – 17.00 di hari biasa dan pukul 09.00 – 18.00 di akhir pekan dengan tiket masuk mulai dari Rp 99.000 ketika hari biasa dan Rp 132.000 ketika hari libur. Tempat ini merupakan taman bermain anak-anak yang menghadirkan 41 wahana seru yang terbagi dalam area Carnivalia, Explora, Science Centre, dan Mysteria. Anak-anak bisa sepuasnya bermain disini dengan menaiki bianglala, bermain di curam jeram atau arus deras, mengunjungi harvest time sarang burung, bahkan bisa berkunjung ke rumah jelangkung yang seram. Anak-anak juga akan diajak belajar prasejarah dengan menyaksikan tayangan dinosaurus yang jinak melalui wahana ekspedisi prasejarah di area Explora. Berbagai fenomena ilmiah juga bisa dilihat di science centre seperti pengetahuan tentang efek rumah kaca.

  1. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari - Tempat Wisata Anak Di Bogor

Taman Buah Mekarsari | Sumber: id.wikipedia.org

Lokasinya berada di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol km 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Buka dari pukul 06.00 – 16.00 dengan tiket masuk Rp 25.000 per orang ditambah biaya parkir mobil Rp 15.000 dan sepeda motor Rp 10.000. Taman ini dipadati dengan berbagai macam tanaman, mulai dari bunga, sayur, hingga tanaman unik hasil persilangan. Anak-anak akan belajar wawasan baru mengenai dunia tanaman bahkan bisa berkunjung ke Rumah Hobbit, bermain dengan kelinci di Rabbit House, menunggang kuda, atau memberi makan kura-kura. Permainan seperti flying fox, halang rintang, sepeda air, dan permainan-permainan lain pun tersedia di sini.

  1. Cimory Riverside

Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak km 77, Cipayung Girang, Megamendung, Bogor dengan jam operasional dari pukul 09.00 – 22.00 WIB. Anak-anak bisa menyaksikan keindahan sungai dari riverwalk disertai latar belakang hutan dan suara gemericik air. Taman bermain anak-anak pun tersedia di sini bahkan anak-anak bisa melihat secara langsung tempat pembuatan coklat dan bisa bermain bersama sapi-sapi di sini.

  1. Taman Safari Indonesia

Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak No.601, Cibeureum, Cisarua, Bogor. Dibuka dari pukul 08.30 – 17.00 ketika hari biasa dan pukul 08.00 – 17.00 ketika hari libur dengan tiket masuk Rp 180.000 per orang ditambah biaya parkir mobil Rp 20.000 dan parkir sepeda motor Rp 10.000. Di sini kita bisa mengajak anak-anak untuk menyaksikan berbagai macam binatang seperti jerapah, zebra, anoa, gajah, komodo, simpanse, lumba-lumba, buaya, kudanil, gajah, pinguin, orang utan, harimau, singa, dan masih banyak lagi. Anak-anak juga bisa berfoto bersama binatang seperti bayi harimau, orangutan, kangoro sekaligus memberinya makan. Wahana permainan seperti kincir raksasa, sepeda air, dan roller coaster juga tersedia di sini dan bahkan sering terdapat atraksi sirkus yang dihadirkan untuk menghibur pengunjung.

  1. Wisata Penangkaran Rusa Girlijaya

Lokasinya berada di Desa Buana Jaya, Tanjungsari, Bogor. Dibuka dari pukul 07.00 – 17.00 dengan tiket masuk Rp 2.500 per orang dan tarif outbound atau kemping Rp 3.000 per orang. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota Bogor. Namun dijamin tak akan menyesal membawa anak-anak ke sini untuk belajar. Anak-anak bisa bermain dan bercanda serta memberi makan secara langsung rusa-rusa yang terdapat di sini. Beberapa jenis rusa yang dikembangbiakkan di antaranya adalah rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan Rusa Bawean. Bahkan buat yang berminat untuk membeli rusa di tempat ini untuk dipelihara di rumah juga diperbolehkan.

  1. EcoArtPark Sentul

Lokasinya berada di Sentul City, Babakan Madang, Bogor dengan tiket masuk free alias gratis. Taman ini terdiri dari dua buah taman yaitu Taman Patung atau Sculpture Garden dan Taman Ilmu Pengetahuan atau Science Garden. Tentu anak-anak akan belajar banyak hal ketika berkunjung ke tempat ini. Di Taman Patung anak-anak akan diajak melihat patung transformer setinggi 5 meter yang terbuat dari onderdil mobil, patung pesumo, patung penyayang hewan, dan patung kereta api.

Baca juga:  3 Hari Perjalanan Menakjubkan di 5 Destinasi Wisata Nusa Penida

Di Taman Ilmu Pengetahuan, anak-anak akan menemukan dua parabola yang terpisah sekitar 15 meter dan jika kita berbicara menghadap parabola suara kita akan didengar oleh orang lain yang menghadap parabola lainnya. Sangat menarik sekali bukan?

  1. Kuntum Farm Field

Lokasinya berada di Jalan Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Kota Bogor Timur, Bogor. Dibuka dari pukul 08.00 – 18.00 dengan harga tiket masuk Rp 40.000 per orang. Anak-anak akan merasakan sensasi berbeda ketika berada di tempat ini karena mereka akan merasakan menjadi anak-anak gembala. Anak-anak akan diajak merasakan menjadi penggembali kambing atau sapi sekaligus diajak naik kuda layaknya koboi. Tak hanya itu saja, anak-anak juga akan belajar menjadi peternak unggas baik ayam maupun bebek, pemancing ikan, dan pemelihara kelinci. Tempat untuk belajar bercocok tanam pun juga tersedia di sini yang semuanya serba organik tanpa pupuk buatan. Fasilitas seperti kolam ikan juga tersedia sehingga anak-anak bisa bermain sambil menangkap ikan secara langsung.

  1. Taman Wisata Matahari

Lokasinya berada di Jalan Taman Wisata Matahari, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Bogor. Buka dari pukul 08.00 – 16.00 ketika hari biasa dan 08.00 – 17.00 ketika hari libur dengan tiket masuk Rp 35.000 ketika hari biasa dan Rp 45.000 ketika hari libur. Anak-anak akan diajak berkenalan dengan alam pegunungan sekaligus diajak belajar, berpetualangan, dan bersenang-senang di wisata air. Di tempat ini tersedia perahu karet, sepeda air, dan perahu bermotor untuk menikmati keindahan sungai di tengah alam pegunungan. Permainan memacu adrenalin seperti trampolin, flying fox, dan mengunjungi rumah hantu pun tersedia di sini. Anak-anak juga bisa belajar bercocok tanam di sini karena terdapat wahana agro sawah dan agro sayur dengan membawa rombongan minimal 30 orang atau bisa mengajak teman yang baru dikenal ketika bertemu di taman wisata matahari.

  1. Kampung Wisata Cinangneng

Lokasinya berada di Jalan Babakan Kemang RT 01/RW 02, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor. Kampung wisata ini buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 75.000 per anak dan itu pun sudah termasuk tour, tiket kolam renang, foto pakaian adat Sunda, dan makan siang. Di sini anak-anak akan belajar rasanya menjadi anak desa dengan belajar keterampilan seperti bertani, beternak, menari, melukis di caping, bermain angklung, dan membuat jamu.  Permainan egrang juga turut dihadirkan di sini agar anak-anak bisa mencobanya. Paket yang ditawarkan di antaranya adalah Poelang Kampoeng di mana anak-anak akan belajar lengkap menjadi anak kampoeng, program Saya Pun Berasal dari Desa dimana anak anak akan diajak tour keliling kampung dan berfoto dengan pakaian adat sunda, dan program Ronda Malam untuk belajar merasakan rasanya berjalan di kegelapan malam dengan membawa senter dan pentungan.

  1. Kidzoona Bogor

Lokasinya berada di Jalan Siliwangi No.123, Sukasari, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat tepatnya di Underground Floor, Lippo Plaza Group. Tempat ini dibuka dari pukul 10.00 – 21.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 90.000 per hari atau Rp 60.000 per jam di hari biasa dan Rp 150.000 per hari atau Rp 90.000 per jam di hari libur. Harga tiket tersebut sudah termasuk 1 orang anak dan 1 orang dewasa, jika ada tambahan orang dewasa yang ingin masuk maka dikenakan biaya tambahan Rp 30.000. Tempat ini sangat unik di mana anak-anak akan merasakan seolah berada di dunia kerja dan dunia yang penuh dengan permainan seru. Ketika memasuki “dunia kerja” anak-anak boleh mencoba berbagai macam profesi seperti pegawai kantor pos, koki, berdagang sayur, polisi, perawat, dan dokter sehingga mereka akan memiliki bayangan tentang dunia profesi ketika mereka besar nanti. Sedangkan di dunia permainan, anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai macam permainan seluncur, trek udara, mandi bola, dan bola putar. Tidak hanya itu, value sharing is caring juga diajarkan di kidzoona ini karena membawa misi untuk mengajarkan anak-anak berkomunikasi, bersopan santun, dan toleransi ketika berkumpul dengan anak-anak lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.